SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Zahro Suciati

Abstrak


ABSTRAK

 

Suciati, Zahro. 2017. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan I., M.Kom, (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: minat menjadi guru, lingkungan sosial, prestasi kajian dan praktik lapangan

Salah satu misi Program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang adalah menghasilkan lulusan dengan level Sarjana Pendidikan bidang Teknik Elektro yang unggul dan berdaya saing tinggi. Sehubungan dengan hal tersebut maka terdapat beberapa matakuliah yang mendukung kompetensi keguruan, salah satunya adalah Kajian dan Praktik Lapangan (KPL). KPL bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk merasakan menjadi pendidik yang sesungguhnya dengan terjun langsung ke sekolah yang sesuai dengan bidangnya. Prestasi KPL dipengaruhi oleh faktor minat menjadi guru yang merupakan faktor internal, sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi adalah lingkungan sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat menjadi guru, lingkungan sosial, dan prestasi KPL, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkap pengaruh antara minat menjadi guru dan lingkungan sosial baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi KPL mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang angkatan 2013 yang telah menempuh matakuliah KPL. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional yaitu bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan sosial terhadap prestasi KPL mahasiswa calon guru. Jika ada pengaruh, seberapa besar pengaruh dari masing-masing variabel tersebut. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro 2013 yang telah menempuh matakuliah KPL pada Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang semester gasal yang terdiri dari 101 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan angket/ kuesioner untuk mengungkap variabel bebas dan dokumentasi (data nilai KPL). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS Statistics 17.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y’ = 41,628 + 0,262X1 + 0,277X2. Nilai korelasi untuk minat menjadi guru terhadap prestasi KPL adalah sebesar 0,479 berarti terdapat hubungan antara keduanya dan nilai probabilitas sig < 0,05 (0,00 < 0,05), maka minat menjadi guru secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi KPL. Sedangkan nilai korelasi untuk lingkungan sosial terhadap prestasi KPL adalah sebesar 0,498 berarti terdapat hubungan antara keduanya dan nilai probabilitas sig < 0,05 (0,00 < 0,05), maka lingkungan sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi KPL. Besarnya hubungan atau pengaruh antara minat menjadi guru dan lingkungan sosial secara simultan terhadap prestasi KPL yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,585 atau (Ryx1,x2 = 0,585), hal ini menunjukkan pengaruh secara simultan antara keduanya dan probabilitas sig < 0,05 (0,00 < 0,05) maka minat menjadi guru dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi KPL. Sumbangan efektif kedua variabel tersebut adalah 34,2%, sedangkan 65,8% lainnya adalah pengaruh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Diharapkan hasil penelitian ini digunakan sebagai acuan atau referensi untuk penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan minat menjadi guru, lingkungan sosial, serta KPL. Disarankan untuk memperhatikan variabel lain yang juga berpengaruh terhadap prestasi KPL mahasiswa yang belum pernah diteliti sebelumnya, misalnya kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial.