SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ajar Pemodelan Perangkat Lunak untuk Mendukung Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari

Angela Christine Haria

Abstrak


ABSTRAK

 

Haria, Angela Christine.2017. Pengembangan Modul Ajar Pemodelan PerangkatLunak untuk Mendukung Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., Pembimbing (II) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.

 

Kata Kunci: Modul Ajar Pemodelan Perangkat Lunak, Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek.

Mata pelajaran pemodelan perangkat lunak suatu gerbang bagi siswa dalam mengembangkan suatu produk rekayasa perangkat lunak karena melalui mata pelajaran ini  akan dilaksanakan pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat mempersiapkan secara matang produk yang akan dikembangkan dengan membuat perancangan atau pemodelan perangkat lunak terlebih dahulu. Untuk memudahkan siswa dalam memahami dan mencapai tujuan di dalam suatu pembelajaran diperlukan unsur-unsur pembelajaran yang baik salah satunya adalah dengan tersedianya sumber belajar berupa bahan ajar yang baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pengajar mata pelajaran pemodelan perangkat lunak di SMK Negeri 2 Singosari terdapat kendala dalam proses pembelajaran pemodelan perangkat lunak, yaitu (1) bahan ajar yang digunakan selama ini belum dapat mendukung keterampilan siswa dalam menyelesaikan proyek pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak, (2) waktu pembelajaran di kelas yang terhitung singkat, yaitu 2x45 menit setiap satu kali pertemuan pembelajaran dalam satu pekan. Oleh karena itu, dikembangkan modul ajar yang mendukung strategi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran pemodelan perangkat lunak.

Pengembangan modul ajar ini menggunakan model Dick and Carey dengan menggunakan 9 tahapan, yaitu (1) mengidentifikasi tujuan umum, (2) melakukan analisis instruksional, (3) menganalisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran, (4) merumuskan tujuan pembelajaran khusus, (5) mengembangkan instrumen instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan ajar, (8) merancang dang mengembangkan evaluasi formatif, (9) melakukan revisi terhadap program pembelajaran.

Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase kelayakan sebesar 94,17% dan hasil validasi dari ahli media adalah 87,06%. Dan hasil uji coba perseorangan diperoleh persentase kelayakan sebesar 91,29%, uji coba kelompok kecil sebesar 92,50%, uji coba kelompok besar sebesar 90,20%. Persentase kelayakan secara keseluruhan berada pada range di atas 85%,  maka berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar (2013) modul ajar pemodelan perangkat lunak untuk mendukung strategi pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.