SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Laporan Ketercapaian Hasil Belajar Siswa (SILACAK) Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas Negeri Mojoagung

Miftahul Ulum El Fiqhi Dzul Fikar

Abstrak


ABSTRAK

Fikar, Miftahul Ulum El Fiqhi Dzul. 2017. Pengembangan Sistem Informasi Laporan Ketercapaian Hasil Belajar Siswa (SILACAK) Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas Negeri Mojoagung. Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T., (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

Kata kunci: sistem informasi, laporan ketercapaian hasil belajar, kurikulum 2013, waterfall

                Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Mojoagung merupakan salah satu sekolahan yang menerapkan kurikulum 2013 yang mulai pada tahun ajaran 2013/2014. Mengadaptasi dari Permen 66 Tahun 2013, didalam kurikulum 2013, nilai rapor siswa nantinya lebih informatif dan deskriptif, serta memuat informasi penilaian pada aspek pengetahuan, ketrampilan, serta sikap siswa. Jadi untuk penilaian rapor pada siswa SMAN Mojoagung nantinya tidak hanya langsung menuliskan nilai akhir, tetapi juga harus memuat informasi nilai rapor yang lebih informatif dan deskriptif serta juga memuat informasi penilaian dibeberapa aspek, yaitu pada aspek pengetahuan siswa, aspek ketrampilan siswa, serta aspek sikap siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan dan kelayakan Sistem Informasi Laporan Ketercapaian sesuai format 2013 berbasis Web di Sekolah Menengah Atas Negeri Mojoagung. Diharapkan melalui sistem ini dapat membantu pengguna dan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pelaksanaan memberikan laporan ketercapaian hasil belajar siswa. Sistem ini digunakan oleh tenaga admin sistem, guru matapelajaran, dan guru wali kelas.

            Sistem Informasi Laporan Ketercapaian mengadaptasi model pengembangan waterfall yang dikemukakan oleh Pressman dengan tahapan pengembangan antara lain: (1) spesifikasi kebutuhan pelanggan (communication), (2) perencanaan (planning), (3) pemodelan (modeling), (4) konstruksi (construction), dan (5) penyebaran (deployment). Pengujian dilakukan pada aspek fungsionalitas dan usabilitas. Pengujian fungsionalitas menggunakan teknik pengujian black-box. Black-box ini dilakukan setelah sebelumnya dilakukan pengujian white-box, pengujian white-box dilakukan secara intern. Sedangkan pengujian aspek usabilitas menggunakan skala Likert.

            Berdasarkan hasil validasi dan pengujian sistem, didapatkan persentase rata-rata skor usabilitas sistem sebesar 94,62%. Sedangkan hasil validasi dan uji coba aspek fungsionalitas sistem sebesar 92,8% yang berarti bahwa semua validasi dan uji coba tersebut menyatakan bahwa Sistem Informasi Laporan Ketercapaian valid dan layak digunakan.