SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Keamanan Jaringan di SMK

Muh. Rizqi Ardiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardiansyah, Muh. Rizqi, 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Keamanan Jaringan di SMK. Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T. (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Keamanan Jaringan

Keamanan Jaringan merupakan salah satu mata pelajaran pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK dimana penjelasan akan mudah dipahami dari praktek secara langsung dibandingkan teori saja, tetapi tidak semua materi bisa dipelajari dengan cara praktek, salah satunya yaitu pada topik bahasan kemungkinan ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan yang berisi mengenai jenis-jenis ancaman dan serangan pada keamanan jaringan. Sehingga diperlukan visualiasi yang jelas dalam menampilkan tampilan materi tersebut. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, dalam penyampaian materi guru menyampaikan topik bahasan tersebut dengan menampilkannya dalam bentuk presentasi Power Point dan juga menjelaskan secara langsung dengan metode ceramah. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa cenderung kurang termotivasi dan malas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, hal ini dapat dilihat dari tingkah laku siswa yang berbicara sendiri dan tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan di depan kelas.

Berdasarkan masalah tersebut, maka diperlukan media pembelajaran yang dapat menampilkan visualisasi yang dapat mudah dipelajari dan dimengerti oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif keamanan jaringan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba bahan ajar adalah siswa SMK Kelas XI program keahlian TKJ di SMK Negeri 10 Malang.

Media pembelajaran interaktif yang sudah dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, serta di uji coba kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil validasi dengan persentase sebesar 85,93% oleh ahli materi 1, 95,31% oleh ahli materi 2, dan 92,04% oleh ahli media. Pada hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 84,94% dan hasil uji coba kelompok besar sebesar 90,11%. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar didapatkan skor persentase rata-rata sebesar 89,66%. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran keamanan jaringan di SMK ini sangat layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.