SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

.Perbedaan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Pemrograman Web karena Penerapan Model PjBL Berbantuan Digi Book Dibandingkan dengan Berbantuan Reference Book Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari

agrista dwi priyani rusdiharti

Abstrak


ABSTRAK

Rusdiharti, Agrista Dwi Priyani. 2017.Perbedaan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Pemrograman Web karena Penerapan Model PjBL Berbantuan Digi Book Dibandingkan dengan Berbantuan Reference Book Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Multimedia di SMKN 2 Singosari. Jurusan Teknik Elektro, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)  Drs. Setiadi C.P, M.Pd., M.T  (2) M. Zainal Arifin, S.Si., M.Kom.

 

Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar, Digi Book dan Reference Book

Pada jaman modern ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, terutama di dalam bidang pendidikan. Karena sekarang ini sudah semakin banyak penggunaan bahan ajar digital, software atau aplikasi pendukung pembelajaran. Seperti permasalahan yang ada di SMKN 2 Singosari yaitu media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan PDF. Strategi yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membandingkan bahan ajar dari yang telah dibuat oleh guru dengan pemberian nama Reference Book dan bahan ajar lain yang telah divalidasi yang diberikan nama Digi Book.

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan bahan ajar Reference Book dan dengan Digi Book dan (2) kemandirian belajar karena penerapan model pembelajaran PjBL berbantuan bahan ajar Reference Book dan dengan Digi Book. Kemudian untuk membedakan: (1) rata-rata hasil belajar Pemrograman Web karena penerapan model PjBL berbantuan Digi Book dengan berbantuan Reference Book dan (2) rata-rata kemandirian belajar Pemrograman Web karena penerapan model PjBL berbantuan Digi Book dengan berbantuan Reference Book.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design dengan pemberian tes berupa Posttest Only, Non-Equivalent Cotrol Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas X RPL SMKN 2 Singosari. Sampel yang diambil dalam penelitian berjumlah 64 siswa, masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Instrumen pengukuran berupa tes kognitif, lembar penilaian psikomotorik dan rubrik observasi. Untuk uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan: (1) hasil belajar karena penerapan model pembelajaran PjBL dengan berbantuan Reference Book dan Digi Book dan (2) kemandirian belajar yang dipengaruhi oleh model pembelajaran PjBL dengan Reference Book dan Digi Book. Kemudian terdapat perbedan: (1) hasil belajar ranah pengetahuan dengan sig 0,000