SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Pedoman Praktikum DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment untuk Sarana Perkuliahan pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang

Yayan Kristiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristiawan, Yayan. 2017. Pengembangan Buku Pedoman Praktikum DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment untuk Sarana Perkuliahan pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: buku pedoman praktikum, pneumatic, robot training

Di Jurusan Teknik Elektro yang ada di Universitas Negeri Malang, terdapat Laboratorium Sistem Kendali. Pada tahun anggaran 2016 Laboratorium tersebut mendapatkan trainer dengan nama DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment yang belum dilengkapi dengan buku pedoman praktikum. Selain itu, berdasarkan hasil identifikasi kurikulum 2014 yang ada pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, terdapat matakuliah Workshop PLC dan Pneumatik yang membutuhkan DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment sebagai media pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Tetapi kondisi yang ada, trainer tersebut belum dapat digunakan secara maksimal. Hal itu dikarenakan belum adanya buku pedoman praktikum yang bisa digunakan untuk menunjang penggunaan trainer, sehingga trainer belum bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk matakuliah Workshop PLC dan Pneumatik. Akibatnya beberapa deskripsi kompetensi pada matakuliah Workshop PLC dan Pneumatik belum terpenuhi secara maksimal.

Tujuan dari pengembangan ini adalah: (1) merencanakan dan merealisasikan buku pedoman praktikum DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment untuk sarana perkuliahan pada program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, (2) menguji kelayakan buku pedoman praktikum DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment untuk sarana perkuliahan pada program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang telah dikembangkan, dan (3) menguji efektifitas buku pedoman praktikum DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment untuk sarana perkuliahan pada program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang telah dikembangkan.

Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Tahap-tahap yang dilakukan antara lain: (1) analyze, (2) design, (3) develop, (4) implement, dan (5) evaluate. Hasil dari pengembangan buku pedoman praktikum DLFA-PTP Pneumatic Robot Training Equipment ini telah divalidasi oleh ahli serta telah diuji cobakan kepada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang melalui uji kelayakan dan uji efektifitas. Kelayakan buku pedoman praktikum diketahui berdasarkan hasil angket. Hasil angket reviewer ahli 1 memperoleh skor 97,73 ,32 % (sangat valid) dan reviewer ahli 2 memperoleh skor 93,94% (sangat valid). Uji coba kelompok kecil memperoleh skor 91,39 % (sangat layak). Berdasarkan skor tersebut, buku pedoman praktikum dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Efektifitas buku pedoman praktikum dapat diketahui berdasarkan hasil belajar mahasiswa. Rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah  90 yang menyatakan bahan ajar efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.