SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Learning) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X RPL SMKN 12 Malang

Dila Fipta Wahyulis Sari

Abstrak


Sari, Dila Fipta Wahyulis. 2017. Penerapan Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Learning) Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X RPL SMKN 12 Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Penguji: Drs. Suwasono, M.T. Pembimbing (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. (II) I Made Wirawan, S.T., M.T.

Kata Kunci : POGIL, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep

          Berdasarkan hasil kolaborasi bersama guru mata pelajaran pemrograman web di SMKN 12 Malang permasalahan yang dihadapi adalah sebagian besar siswa masih kurang disiplin mengumpulkan tugas jika tidak ditegur guru dan siswa kelas X RPL 1 cenderung kurang aktif dan memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang rendah. Ketika pengerjaan sebagian siswa hanya diam menunggu pekerjaan siswa lain. Perlu adanya pengembangan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif. Sehingga peneliti memiliki alternatif pengembangan model pembelajaran POGIL sebagai model pembelajaran yang akan dilakukan di kelas X RPL 1 SMKN 12 Malang. Pada model pembelajaran POGIL, siswa dituntut aktif dalam berdiskusi maupun individu, serta siswa dituntut untuk menguasai bahan pembelajaran. Selain itu, siswa dapat mengeksplor pemahaman konsep mereka dengan teman mereka. Pembelajaran tidak hanya menekankan pada kerjasama kelompok, namun pemahaman konsep dan berpikir kritis terhadap pemecahan masalah juga dipelajari dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model penelitian yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis- Mc Taggart (dalam Arikunto, 2013:87) berupa perangkat-perangkat atau untaian-untaian dengan satu perangkat terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang selanjutnya mungkin diikuti dengan siklus spiral berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh kelas X RPL 1 tahun ajaran 2016/2017. Dalam data ini data yang diperoleh berupa berpikir kritis, pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran POGIL dapat meningkatkan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep serta hasil belajar siswa. Presentase pemahaman konsep siklus I sejumlah  83,5% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,5%. Presentase berpikir kritis siklus I sejumlah 82,1 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,2%. Hasil belajar ranah kognitif dari siklus I yaitu 78,1% menjadi 89,3 pada siklus II. Untuk hasil belajar ranah afektif dari siklus I yaitu 85,8% menjadi 91,0% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik dari siklus I yaitu 88,7%menjadi 93,2% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POGIL pada mata pelajaran pemrograman web dapat meningkatkan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman konsep serta hasil belajar siswa kelas X SMKN 12 Malang.