SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Penilaian Portofolio Pembelajaran Guru SMKN 12 Malang di Kelas X Teknik Rekayasa Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Pemrograman Web. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang

Isyatul Karimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Karimah, Isyatul. 2017. Penerapan Penilaian Portofolio Pembelajaran Guru SMKN 12 Malang di Kelas X Teknik Rekayasa Perangkat Lunak pada Mata Pelajaran Pemrograman Web. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom, Pembimbing (II) I Made Wirawan, S.T, S.S.T, M.T

 

Kata Kunci: portofolio, pembelajaran, guru, Pemrograman Web

Pergantian kurikulum mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar guru dengan siswa, sehingga diperlukan dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Tujuannya adalah untuk menerapkan penilaian portofolio dan untuk mendapatkan dokumentasi pembelajaran mulai dari perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan evaluasi (see) yang menganut prinsip Lesson Study serta untuk mendapatkan hasil belajar siswa dan mengetahui cara mengimplementasikan kompetensi guru.

Metode yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif model studi kasus untuk menyelidiki dan mendeskripsikan data secara naratif, natural, intensif, dan rinci. Alasan memilih metode ini karena bisa membahas dan mendeskripsikan data secara rinci serta kajian yang mendalam, sehingga mendapatkan rincian informasi dan gambaran hasil penelitian yang lengkap secara natural. Data diteliti dengan jenis penelitian grounded theory untuk mendapatkan kejenuhan data, melalui teknik penjaringan data snowball sampling dan mencari keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil yang diperoleh selama penelitian bahwa guru merencanakan pembelajaran dengan merancang RPP dari memahami silabus mata pelajaran Pemrograman Web merencanakan media pembelajaran. Melaksanakan pembelajaran di kelas/laboratorium, mengevaluasi pembelajaran di akhir pembelajaran melalui tugas, UTS, dan UAS untuk mendapatkan hasil belajar siswa. Mendapatkan gambaran pengimplementasian kompetensi guru diantaranya: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat proses kegiatan belajar mengajar yang harus disiapkan dan dilaksanakan, mengetahui hasil belajar siswa melalui ujian dan tatap muka, serta gambaran pengimplementasian kompetensi guru.