SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 12 Malang

Anggar Nur Hermansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hermansyah, Anggar Nur. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 12 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T., (2) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.

 

Kata Kunci : E-Learning, Media Pembelajaran, Simulasi Digital, Project Based Learning (PjBL), Minat Belajar

Peningkatan mutu pendidikan diharapkan melalui suatu proses pembelajaran yang berinteraksi (timbal balik) antara guru dan siswa untuk memasuki lapangan pekerjaan. Kegiatan pembelajaran umumnya bersifat teaching center atau masih mengandalkan guru sebagai sumber informasi dan tutor dalam kegiatan pembelajaran. Siswa merasa kesulitan memahami materi pelajaran yang tidak dapat dilihat secara kasat mata, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang dapat mem-visualisasi materi tersebut agar siswa dapat mudah memahaminya. Dengan begitu perlunya media pembelajaran yang mendukung, salah satunya merupakan media pembelajaran e-learning.Karakteristik model pembelajaran Project Based Learning yaitu proses pembelajaran yang berorientasi proyek. Dengan adanya media pembelajaran e-learning diharapkan dapat membantu mengatasi masalah pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran simulasi digital.

Model yang dipilih dalam mengembangkan media pembelajaran e-learning ini adalah model penelitian ADDIE. Alasan memilih model ini karena model ini sistematik dan sederhana. Sehingga sangat sesuai untuk mengembangkan media pembelajaran mata pelajaran simulasi digital. Tahapan yang dilakukan pada model penelitian ADDIE adalah (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation.  

Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media diperoleh data akhir hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 91%, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 90%. Hasil uji coba kepada siswa kelompok kecil diperoleh persentase 87% dan untuk uji coba kepada siswa kelompok besar diperoleh persentase 89%. Hasil rata-rata yang diperoleh dari hasil uji ahli materi, ahli media, dan subjek coba adalah sebesar 89%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-learning  ini sangat valid dan sangat layak digunakan, media pembelajaran e-learning dapat dijadikan media untuk menigkatkan minat belajar siswa dilihat dari 61 siswa dari 70 siswa menyatakan minat tinggi dan minat sangat tinggi dengan persentase 87%.