SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Model Drill and Practice pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X RPL di SMK Negeri 1 Sukorejo

Jeanyca Venty Sepdyah

Abstrak


Sepdyah, Jeanyca Venty. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Model Drill and Practice pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Kelas X RPL di SMK Negeri 1 Sukorejo. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Utomo Pujianto, S.Kom., M.Kom.

 

Kata Kunci: Metode pengembangan ADDIE, media pembelajaran, website, Drill and Practice, Pemrograman Dasar

 

Mata Pelajaran Pemrograman Dasar merupakan salah satu mata pelajaran utama yang diberikan kepada siswa SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Pengamatan proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar dilakukan di SMKN 1 Sukorejo. Guru menyampaikan materi pembelajaran melalui metode ceramah, serta penggunaan LKS sebagai bahan latihan siswa. Penerapan model pembelajaran konvensional tersebut membuat siswa kurang antusias saat melaksanakan pembelajaran Pemrograman Dasar, sehingga siswa sulit memahami konsep dan pola sintaks dari materi Pemrograman Dasar maupun latihan-latihan coding sintaks yang diberikan. Hal tersebut juga berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar. Tujuan dikembangkannya media pembelajaran berbasis web dengan model drill and practice adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berlatih coding sintaks program dasar komputer, sehingga siswa lebih antusias untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada proses latihan bertahap di dalam website. Melalui aktivitas latihan bertahap diharapkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat, karena telah terbiasa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan saat melakukan coding sintaks program dasar komputer.

Keunggulan dari website adalah kemudahan penggunaannya di dalam maupun luar pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet. Media pembelajaran berbasis web dengan model drill and practice dikembangkan dengan metode pengembangan Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate (ADDIE), yang dikembangkan oleh Dick and Carrey (1996). Metode pengembangan ADDIE memiliki 5 tahapan dalam proses pengembangannya antara lain: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi.

Data hasil validasi dan uji coba diperoleh melalui pengisian angket validasi dan uji coba. Persentase hasil validasi materi oleh ahli materi sebesar 95%, dan validasi media oleh ahli media sebesar 92,10%. Hasil uji kelayakan produk oleh siswa kelas X RPL di SMKN 1 Sukorejo adalah sebagai berikut: (1) uji coba perorangan sebesar 92,42%, (2) uji coba kelompok kecil sebesar 89,2%, dan (3) uji coba kelompok besar 91,51%. Dari hasil pengujian tersebut, menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Pemrograman Dasar kelas X RPL. Melalui tahap implementasi produk menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat dioperasikan dengan baik dan mampu meningkatkan antusias siswa dalam berlatih coding sintaks program dasar komputer.