SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Elektronik pada Mata Pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak untuk Siswa Kelas XII RPL SMK Negeri 2 Singosari

Devi Mega Risdiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mega Risdiana, Devi. 2017. Pengembangan Modul Elektronik pada Mata PelajaranPemrograman Perangkat Bergerak untuk Siswa Kelas XII RPL SMK Negeri2 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. (II) I MadeWirawan, S.T., S.S.T.,M.T.

 

Kata Kunci : Modul Elektronik, Pemrograman Perangkat Bergerak, SMK.

Data yang didapat dari angket sederhana terhadap gaya belajar siswa yangmenunjukkan rata-rata gaya belajar siswa adalah secara Visual. Selain itu dari hasilwawancara kepada guru pengampu mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerakmenunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut di bawah ratarata yaitu 55. Kurangnya hasil belajar yang dicapai siswa diketahui berasal daribeberapa faktor, yaitu belum tersedianya modul pegangan bagi siswa dan guru disekolah, juga dapat dilihat (terakhir dilihat tanggal 1 maret 2017) di laman resmibse.kemendikbud.co.id bahwa modul dari Kemendikbud untuk mata pelajaranPemrograman Perangkat Bergerak masih belum ada, sehingga siswa hanya melihat apayang diberikan oleh guru, hal ini mengakibatkan siswa kesulitan untukmengembangkan kemampuannya secara mandiri diluar kelas.

Selain itu pada saat pembelajaran berlngsung dilakukan dengan metodekonvensional atau ceramah. Menurut dePorter(2013:116) menyebutkan bahwa ciri-ciriorang yang memiliki gaya belajar visual adalah mempunyai masalah untuk mengingatinstruksi verbal kecuali jika ditulis, dan sering kali meminta bantuan orang lain untukmengulangnya. Orang dengan gaya belajar visual juga lebih suka membaca daripadadibacakan. Dengan kata lain, metode konvensional atau ceramah kurang cocok jikadiberikan kepada siswa bergaya belajar visual. Penelitian ini menggunakan metodepengembangan ADDIE. Langkah-langkah model pengembangan ADDIE adalahsebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5)Evaluasi.

Modul Elektronik telah melalui serangkaian uji validitas dan kelayakan untukmengukur tingkat kualitas media. Hasil validasi dari ahli materi memperoleh tingkatkevalidan sebesar 95% sedangkan ahli media sebesar 95.3% dan hasil uji cobakelompok kecil memperoleh tingkat kevalidan sebesar 86% dan hasil uji cobakelompok besar memperoleh kevalidan 92%. Dari hasil uji coba, dapat disimpulkanbahwa media berbasis aplikasi secara keseluruahan dapat dinyatakan sangat valid dansangat layak untuk digunakan tanpa revisi.

 

ABSTRACT

 

Mega Risdiana, Devi. 2017. Electronic Module Development on Mobile DevicesProgramming Subject on Grade XII RPL SMK Negeri 2 Singosari. Research,Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang,Preceptor: (I) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom. (II) I Made Wirawan, S.T.,S.S.T.,M.T.

 

Keywords: Programming of mobile devices and electronic modules.

Data were obtained from a simple questionnaire to students' learning styles which

shows the average student's learning style is by Visual. In addition, from interviews toteahers of subjects pengampu Programming Mobile Devices showed that the learningoutcomes of students in these subjects below the average is 55. The lack of learningoutcomes achieved by students known to have come from several factors, namely theunavailability of the module handbook for students and teacher at the school, it can beseen (last seen on 1 March 2017) on the official website of Kemendikbudbse.kemendikbud.co.id that module for Mobile Devices Programming subjects stillmissing, so students only see what is given by the teacher, this resulting in difficultiesto develop their students independently outside the classroom.In addition during the learning berlngsung done by conventional methods orlectures. According DePorter (2013: 116) states that the characteristics of people whohave a visual learning style is having the problem to remember verbal instructionsunless it's written, and often ask for help from others to repeat it. People with a visuallearning style also prefer to read rather than recited. In other words, the conventionalmethod or lecture less suitable if given to students studying visual style. This studyuses ADDIE development. Steps ADDIE development model are as follows: (1)analysis, (2) design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation.

Electronics module has been through a series of test validity and feasibility tomeasure the level of media quality. The results of the validation of subject matterexperts obtain the level of validity of 95% while the media expert at 95.3% and thesmall group trial acquire the level of validity of 86% and a large group of test resultsobtained validity of 92%. From the test results, it can be concluded that the applicationbased media keseluruahan can be expressed very valid and very feasible to use withoutrevision.