SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-MODULE INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 BANGIL

Akhmad Syaiful Arief

Abstrak


ABSTRAK

 

Syaiful Arief, Akhmad. 2016. Pengembangan E-module Interaktif pada MataPelajaran Pemrograman Web Untuk Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 1Bangil. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom., (2) DidikDwi Prasetya, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan ajar, Modul digital interaktif.

Mata Pelajaran Pemrograman Web merupakan bagian dari program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang membantu siswa dalam mempelajari proses cara pembuatan sebuah halaman web. Pada proses pembelajaran siswa dihadapkan dengan permasalahan yaitu terbatasnya bahan ajar, dan sumber yang ada masih kurang sesuai dan tidak sistematis sehingga menyebabkan proses belajar siswa tidak maksimal dan mengakibatkan nilai masih dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan sebuah inovasi dalam pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru, dengan itu diperlukannya sebuah bahan ajar berupa e-module interaktif untuk mendukung pembelajaran siswa.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk merancang bahan ajar, mengembangkan bahan ajar pemrograman web berupa e-module interaktif, dan menguji tingkat validasi dan kelayakan bahan ajar e-module interaktif pada mata  pelajaran Pemrograman Web. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah model pengembangan ADDIE yaitu: (a) Analysis, (b) Design, (c) Development, (d) Implementation, dan (e) Evaluation.

Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan menggunakan angket, diperoleh hasil 91,67% dari ahli media, 91,67% dari ahli materi, 92,93% dari uji coba kelompok kecil, dan 92,43% dari uji coba kelompok besar. Rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 92,17% berdasarkan hasil analisis data keseluruhan. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik interaktif pada mata pelajaran Pemrograman Web dinyatakan layak untuk digunakan di sekolah.