SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Aplikasi Media Belajar Try Out Ujian Nasional (SIAP TUNAS) untuk SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo

Yusi Nur Aisyah

Abstrak


ABSTRAK

Aisyah, Yusi Nur. 2017. Pengembangan Sistem Aplikasi Media Belajar Try Out Ujian Nasional (SIAP TUNAS) untuk SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Wahyu Sakti G. I., M.Kom., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

 

Kata kunci: pengembangan, media belajar, try out ujian nasional,

 

Ujian Nasional (UN) adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah yang dilakukan serentak secara nasional yang dilakukan oleh Kemdikbud. Setiap siswa tingkat akhir termasuk siswa SMK menjadikan UN sebagai hal yang selalu ditakutkan, karena UN menjadi salah satu faktor penentu kelulusan siswa. Di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo khususnya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) media belajar untuk Try Out Ujian Nasional diberikan dengan modul yang berisikan materi Teori Kejuruan TKJ pada saat bimbingan belajar di sekolah. Dengan begitu siswa kurang mendapatkan latihan soal. Serta dengan adanya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa harus dipersiapkan untuk selalu berlatih mengerjakan soal dengan media komputer. Sehingga media belajar dapat dikembangkan dalam bentuk sistem aplikasi yang interaktif dengan menyediakan fitur-fitur latihan dan evaluasi di dalam bentuk kemasan yang praktis menggunakan satu aplikasi dengan soal-soal yang sesuai dengan kisi-kisi Teori Kejuruan UN TKJ.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan dari Sistem Aplikasi Media Belajar Try Out Ujian Nasional (SIAP TUNAS). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE menurut Branch dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (penerapan), dan (5) Evaluation (evaluasi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ SMKN 2 Probolinggo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, obervasi, dan wawancara. Untuk menguji kelayakan, dilakukan dengan evaluasi tim ahli, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Terdapat sistem aplikasi media belajar try out Ujian Nasional (SIAP TUNAS) untuk SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo, (2) Hasil skor validasi dari ahli materi sebesar 93,15% yang tergolong sangat valid, hasil skor validasi ahli media sebesar 95,9% tergolong sangat valid, nilai hasil uji coba kelompok kecil sebesar 87,89% tergolong cukup valid, dan hasil skor dari uji coba kelompok besar sebesar 89,35% tergolong sangat valid. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan produk pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran menghadapi Ujian Nasional Teori Kejuruan TKJ SMKN 2 Probolinggo. Keunggulan dari produk ini diantaranya: (1) Latihan soal yang sesuai dengan kisi-kisi Teori Kejuruan UN TKJ, (2) Media belajar SIAP TUNAS memiliki fitur statistik nilai siswa berupa grafik nilai dan data ujian yang telah dilakukan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan dapat dipantau oleh guru.