SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Modul Digital Interaktif terhadap Rata-Rata Kemandirian dan Hasil Belajar Pemrograman Web Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 11 Malang.

Sofiya Anggraini.

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Sofiya.2017. Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Think Pair Share Berbantuan Modul Digital Interaktif terhadap Rata-Rata Kemandirian dan Hasil Belajar Pemrograman Web Pada Siswa Kelas X TKJ di SMKN 11 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Setiadi C.P., M.T., M.Pd., (2) Didik Dwi Prasetya, S.T., M.T.  

 

Kata Kunci: project based learning, think pair share, modul digital interaktif, kemandirian, hasil belajar, Pemrograman Web

 

Berdasarkan hasil wawancara oleh guru mata pelajaran Pemrograman Web, siswa masih memiliki kemandirian belajar yang rendah. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan model pembelajaran project based learning dan think pair share berbantuan modul digital interaktif dengan tujuan untuk mengetahui rata-rata kemandirian dan hasil belajar akibat penerapan model pembelajaran project based learning dan think pair share berbantuan modul digital interaktif.

Metode penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan Post-test Only Design. Variabel yang diukur adalah kemandirian dan hasil belajar meliputi ranah pengetahuan dan keterampilan siswa kelas X TKJ pada materi Pemrograman Web sebagai variabel terikat, sedangkan variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran project based learning dan think pair share berbantuan modul digital interaktif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan post test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemandirian dan soal pilihan ganda. Teknik analisis data dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelas project based learning ranah pengetahuan sebesar 81,25 dan keterampilan 83,65, sedangkan kelas think pair share ranah pengetahuan sebesar 76,32 dan keterampilan 77,80. Kemandirian belajar kelas project based learning sebesar 21,97 dan kelas think pair share 20,83. (2) berdasarkan hasil uji t yaitu terdapat perbedaan yang signifikan baik dalam ranah pengetahuan mapun keterampilan dengan nilai sig. masing-masing sebesar 0,04 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antar kedua kelas. Sedangkan kemandirian belajar dengan nilai sig. 1,48 atau > 0,05 yang berati tidak terdapat perbedaan antar kedua kelas perlakuan.