SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Prokrastinasi Akademik dan Adversity Quotient Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII Program Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Se-Kota Malang

Ari Fajar Lukmana

Abstrak


ABSTRAK

 

Lukmana, Ari Fajar. 2017. Hubungan Prokrastinasi Akademik dan AdversityQuotient Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XII ProgramTeknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Se-Kota Malang. Skripsi. ProgramStudi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas NegeriMalang. Pembimbing (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M.Pd., M.T, (II) Drs.Dwi Prihanto, S.S.T, M. Pd.

 

Kata kunci: kesiapan kerja, prokrastinasi akademik, adversity quotient

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah lembaga pendidikan formal tingkatmenengah dengan kekhususan mempersiapkan lulusannya untuk siap bekerja. Namundalam realitanya banyak siswa yang tidak terserap dalam dunia kerja karenaperilakunya sendiri, salah satunya yaitu menunda-nunda pekerjaan (prokrastinasiakademik). Dalam dunia kerja saat ini yang diperlukan adalah kematangan individusecara fisik maupu mental. Secara mental siswa harus dilatih untuk dapat menghadapiberbagai macam permasalahan. Hal itu dibutuhkan adversity quotient yang baik untukmenunjang kesiapan kerja siswa. Siswa yang memiliki adversity quotient yang tinggiadalah siswa yang memiliki daya juang dalam menggapai impian.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prokrastinasi akademik,adversity quotient dan kesiapan kerja pada siswa kelas XII program Teknik InstalasiTenaga Listrik di SMK se-Kota Malang, (2) mengungkap signifikansi hubungan antaraprokrastinasi akademik dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII program TeknikInstalasi Tenaga Listrik di SMK se-Kota Malang, (3) mengungkap signifikansihubungan antara adversity quotient dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XIIprogram Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Se-Kota Malang, dan (4)mengungkap signifikansi hubungan antara prokrastinasi akademik dan adversityquotient secara simultan terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XII program TeknikInstalasi Tenaga Listrik di SMK se-Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancanganpenelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XIIprogram Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK se-Kota Malang dengan jumlahpopulasi sebanyak 87 siswa. Didapatkan jumlah sampel sebanyak 86 siswa denganmenggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengukur variabel X1, varaiabel X2dan Y menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis datayang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Analisis datadilakukan dengan bantuan SPSS.

Hasil penelitian yaitu: (1) kesiapan kerja berada dalam katagori tinggi, (2)prokrastinasi akademik berada dalam kategori rendah, (3) adversity quotient beradadalam kategori tinggi, (4) ada hubungan signifikan antara prokrastinasi akademikdengan kesiapan kerja, (5) ada hubungan signifikan antara adversity quotient dengankesiapan kerja, dan (6) ada hubungan signifikan antara prokrastinasi akademik danadversity quotient dengan kesiapan kerja.

 

ABSTRACT

 

Lukmana, Ari Fajar. 2017. The Relation of Academic Procrastinate and AdversityQuotient’s Students toward Work Readiness on Students of XII grade ofElectricity Installation Engineering Program in Vocational High School inMalang City. Thesis. Study Program of Education of Electrical Engineering,Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisors: (I) Drs.Setiadi Cahyono Putro, M. Pd, M.T, (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T, M. Pd.

 

Keywords: work readiness, academic procrastinate, adversity quotient

Vocational High School (SMK) is an intermediate level of formal education withthe specialization to prepare to be ready for work. But the reality is a lot of studentswho are not absorbed in the world of work because of its own behavior, such asacademic procrastinate. In the current world of work is required to be individualmaturity as physically and mentally. Mentally students should be trained to be able toface a variety of problems. It takes Adversity Quotient of good work readiness tosupport the students. Students who have a high adversity quotient are students whohave fighting power in reaching their dreams.

The purposes of this research are: (1) describing the academic procrastinate,adversity quotient and work readiness on XII Grade of Electricity Installationengineering program at SMK in Malang City, (2) reveal the significance of therelationship between academic procrastinate and work readiness on XII Grade ofElectricity Installation engineering program at SMK in Malang City, (3) reveal thesignificant of the relationship between the adversity quotient and work readiness onXII Grade of Electricity Installation engineering program at SMK in Malang City, and(4) reveal the significant of the relationship between the academic procrastinate andadversity quotient as simultaneous toward the work readiness on XII Grade ofElectricity Installation engineering program at SMK in Malang City.

This research is quantitative research using descriptive correlational researchdesign. This research was conducted on the students of XII grade of ElectricityInstallation engineering program at SMK of Malang City with a total population of 87students. The number of samples obtained 86 students using purposive samplingtechnique. To measure the variables X1, X2 and Y variables using the researchinstrument in the form of closed questionnaire. The data analysis technique is used apartial correlation and regression analysis. The data analysis was done using SPSS.

The results of this research are: (1) work readiness is in high category, (2)academic procrastinate is in low category, (3) adversity quotient is in high category,(4) there is a significant relationship between academic procrastinate and workreadiness, (5) there is a significant relationship between adversity quotient and workreadiness, and (6) there is a significant relationship between academic procrastinateand adversity quotient with work readiness.