SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia Kelas XI SMKN 2 Sukorejo

Eka Fitrianingrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitrianingrum, Eka. 2016. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia Kelas XI SMKN 2 Sukorejo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M. Pd., (2) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M. Kom.

 

Kata Kunci: Buku Ajar, Desain Multimedia, Project Based Learning (PjBL)

 

Berdasarkan permasalahan yang ada di SMK Negeri 2 Sukorejo, terdapat kendala pada saat praktikum yaitu bahan ajar yang digunakan di sekolah masih belum sesuai dengan proses pembelajaran praktikum di kelas, sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Siswa tidak memiliki buku pegangan yang digunakan untuk melaksanakan praktikum. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang terarah dalam melaksanakan praktikum serta kurangnya tantangan permasalahan yang dihadapi siswa siswa dalam praktikum. Selama ini praktikum dilaksanakan melalui pengajaran guru dengan menggunakan Buku Elektronik Sekolah (BSE). Proses pembelajaran praktikum yang bersifat teacher-centered (berpusat pada guru) menjadikan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran praktikum. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk merencanakan, mengembangkan dan menguji atau mengetahui kelayakan dari buku ajar cetak mata pelajaran Desain Multimedia berbasis Project Based Learning di SMK Negeri 2 Sukorejo.

Model yang dipilih dalam mengembangkan buku ajar ini adalah model penelitian ADDIE. Alasan memilih model ini karena model ini sistematik dan sederhana. Sehingga sangat sesuai untuk mengembangkan buku ajar mata pelajaran Desain Multimedia. Tahapan yang dilakukan pada model penelitian ADDIE adalah (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation.

Buku ajar ini telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diujicobakan kepada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Sukorejo melalui uji kelayakan. Kevalidan buku ajar di ketahui berdasarkan uji validasi. Hasil validasi reviewer ahli materi setelah perbaikan mendapat skor 92,05% (sangat valid), reviewer ahli media mendapatkan skor 87,03% (sangat valid). Sedangkan kelayakan buku ajar diketahui berdasarkan hasil angket uji kelayakan. Hasil angket uji coba perseorangan mendapatkan skor 78,6% (cukup valid), hasil angket uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 85,5% (sangat valid), dan hasil angket uji coba kelompok besar mendapatkan skor 91,6% (sangat valid). Berdasarkan skor tersebut, bahan ajar dinyatakan sangat valid dan dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.