SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer System Kontrol Elektromekanik dan Elektronik Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di Sekolah Menengah Kejuruan.

Bagus Fitri Santoso

Abstrak


ABSTRAK

 

Santoso, Bagus Fitri. 2016. Pengembangan Trainer System Kontrol Elektromekanik dan Elektronik Kelas XI Semester 1 Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Pembimbing: (I) Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, PhD, (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: kontrol elektromekanik, kontrol elektronik, sistem kontrol, trainer sistem kontrol

Proses pembelajaran bertujuan agar peserta didik mampu menguasai materi baik secara konsep (teori) maupun secara aplikatif (praktik). Aplikatif merupakan penerapan konsep secara nyata. Proses penerapan konsep memerlukan bantuan media atau peralatan pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran sesuai  dengan tujuannya. Trainer  merupakan suatu set peralatan di laboratorium yang digunakan sebagai media pembelajaran yang merupakan gabungan antara model kerja dan mock-upTrainer  ditujukan untuk  menunjang pembelajaran peserta didik dalam menerapkan pengetahuan/konsep yang diperolehnya pada benda nyata. Peralatan ini dapat digunakan untuk mencapai kompetensi dasar, karena bisa dipakai latihan dalam memahami pekerjaan seperti yang terjadi di industri.

Pada pengembangan ini mengunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap: (1) Analysis atau analisa kebutuhan, (2) Design atau perencanaan, (3) Development atau pengembangan, (4) Implementation atau implementasi, dan (5) Evaluation atau evaluasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini di uji kelayakannya oleh ahli setelah dinyatakan valid   selanjutnya  di implementasikan kepada subjek uji coba untuk diuji kelayakan berdasarkan penilaian oleh pengguna dalam pembelajaran. 

Hasil pengembangan berupa: (1)  Trainer sistem kontrol elektromekanik dan elektronik, dan (2) manual book trainer.  Adapun hasil pengujian produk yang oleh ahli dan subjek ujicoba dimana hasilnya dinyatakan sangat layak dengan keseluruhan persentase validitas sebesar 90%, untuk trainer dan sebesar 89%, untuk manual book.