SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KEMAMPUAN PEDAGOGICAL UNTUK MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Nurul Muizzillah Al Habso

Abstrak


ABSTRAK

 

Habso, Nurul Muizzillah A. 2017. Hubungan Locus of Control Internal dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dengan Kemampuan Pedagogical untuk  Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono.P., M.Pd., M. T. (II) Drs. Wahyu Sakti G. I., M.Kom.

Kata kunci : Locus of Control Internal, TPACK, Kemampuan Pedagogical untuk Menjadi Guru

Guru tidak hanya diharapkan dapat mendidik dan mengajar saja tapi juga mampu membimbing, mengarahkan serta memberi motivasi kepada peserta didiknya seperti halnya tanggung jawab dan tugas dari guru tersebut. Hal ini disebutkan dalam Undang-Undang No 14 Tahun 2005, bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) seberapa tinggi locus of control internal yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang; (2) seberapa tinggi technological pedagogical content knowledge (TPACK) yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang; (3) seberapa tinggi kemampuan pedagogical untuk menjadi guru mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang; (4) adakah hubungan yang signifikan antara locus of control internal dengan kemampuan pedagogical untuk menjadi guru pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang; (5) adakah hubungan yang signifikan antara technological pedagogical content knowledge (TPACK) dengan kemampuan pedagogical untuk menjadi guru pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro  Universitas Negeri Malang; dan (6) adakah signifikasi hubungan antara locus of control internal dan technological pedagogical content knowledge (TPACK) secara simultan dengan kemampuan pedagogical untuk menjadi guru pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional untuk mengetahui hubungan dari tiga variabel, yang terdiri dari dua variabel bebas (eksogen) dan satu variabel terikat (endogen). Variabel bebasnya adalah locus of control internal (X1), dan technological pedagogical content knowledge (X2), sedangkan variabel endogennya adalah kemampuan pedagogical untuk menjadi guru (Y). Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kegiatan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.

Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 PTE sejumlah 135 responden. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Hasil data angket yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas dengan dokumentasi yang didapatkan dari nilai matakuliah kependidikan. Teknik analisis data menggunakan regresi linear dan regresi ganda. Dari hasil penelitian didapat persamaan regresi Y=14.524+0.070 X1 + 0.058 X2  dengan signifikansi sebesar 0.000 yang artinya terdapat efek positif dan signifikan antara X1, X2 terhadap Y secara simultan.