SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang Keterampilan dasar mengajar mahasiwa program studi pendidikan teknik elektro angkatan 2013 dalam melaksanakan kajian praktik lapangan tahun 2016/2017 di jawa timur

Leny Nurwahyuni Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Leny N.2017. Studi Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2013 dalam Melaksanakan Kajian Praktik Lapangan (KPL) Tahun 2016/2017 di Jawa Timur.Skripsi, Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Atmadji S.,M.Pd., (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.

Kata Kunci: Keterampilan Dasar Mengajar, Kajian Praktik Lapangan (KPL).

Pelaksanaan Kajian Praktik Lapangan (KPL) tidak luput dari beberapa hambatan yang di antaranya yaitu terdapat perbedaan antara pelaksanaan KPL 1 di kampus dengan pelaksanaan KPL 2 di sekolah praktikan. Hambatan lain yang dialami oleh mahasiswa praktikan adalah kurang optimalnyapenerapan keterampilan dasar mengajar pada saat mahasiswa KPL melaksanakan Kajian Praktik Lapangan (KPL) di sekolah praktikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keterampilan dasar mengajar yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2013 dalam melaksanakan Kajian Praktik Lapangan (KPL) tahun 2016/2017 di Jawa Timur.

Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pamong mahasiswa KPL Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2013 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populatif  yang berarti semua subyek dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen menggunakan validasi konstruk oleh ahli yaitu dosen pembimbing 1 yaitu Bapak Dr. Tri Atmadji Sutikno., S.Pd., M.Pd., dan dosen pembimbing 2 yaitu Ibu Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Sedangkan untuk uji validasi isi diuji cobakan pada guru pamong dengan jumlah 10 responden yang terdiri dari SMK Islam Blitar, SMKN 1 Blitar, dan SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan dasar mengajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2013 yang meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu: 1) keterampilan dasar bertanya memiliki nilai persentase yang mayoritas berada dalam kategori cukup baik, baik, dan sangat baik; 2) keterampilan memberikan penguatan memiliki nilai persentase yang hampir rata disemua kategori yaitu antarasangat baik, cukup baik, dan kurang baik; 3) keterampilan mengadakan variasi memiliki nilai persentase yang rata-rata berada pada kategori baik, cukup baik, dan kurang baik; 4) keterampilan menjelaskan memiliki nilai persentase tinggi terdapat pada kategori sangat baikdan baik; 5) keterampilan membuka dan menutup pelajaran memiliki nilai persentase terbesar pada kategori sangat baik; 6) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil memiliki nilai persentase tinggi berada pada kategori baik dan kurang baik; 7) keterampilan mengelola kelas memiliki nilai persentase yang hampir rata di tiga kategori yaitu kategori sangat baik, baik, dan cukup baik; 8) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan memiliki nilai persentase terbesar terdapat pada kategori sangat baikdan kategori baik.