SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Aplikasi untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Teknik Komputer dan Informatika dalam Menyusun RPP Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan

Febrianto Alqodri

Abstrak


ABSTRAK

 

Alqodri, Febrianto. 2017.  Pengembangan Aplikasi untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Teknik Komputer dan Informatika dalam Menyusun RPP Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T, (2) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.

 

Kata Kunci: Aplikasi RPP, Kurikulum 2013, SMK Informatika

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 mengisyaratkan seluruh sekolah mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K-13). Berlakunya K-13 menimbulkan masalah bagi guru, salah satunya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Lityarti (2013) mengungkapkan bahwa kesulitan yang paling banyak dikeluhkan guru adalah mengenai pemahaman tentang Kompetensi Inti (KI) dan KD. Berdasarkan wawancara kepada Instruktur Nasional Kurikulum 2013, Eko Subiyantoro, S.Pd, S.ST, MT., beliau mengatakan bahwa dalam memberikan pelatihan K-13 khususnya menyusun RPP, guru mengalami kesulitan memahami aturan penyusunan RPP yang mengarah ke pembelajaran saintifik. Melihat permasalahan tersebut, maka diperlukan solusi untuk membantu guru menyusun RPP K-13, salah satunya adalah dengan membuat aplikasi terkomputerisasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan aplikasi RPP yang ada saat ini berbasis K-13 di SMK, (2) mengembangkan aplikasi RPP berbasis desktop yang dapat digunakan oleh guru TKI menyusun RPP K-13, dan (3) mengetahui tingkat kelayakan implementasi produk di lingkungan guru TKI sesuai standar penyusunan RPP K-13.

Model pengembangan aplikasi ini menggunakan pengembangan ADDIE yang diintegrasikan dengan model pengembangan prototipe pada tahap desain. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluation. Metode pengujian yang digunakan adalah black-box tipe Boundary Value Analysis (BVA). Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup.

Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa aplikasi desktop yang dapat membantu guru menyusun RPP K-13. Aplikasi tersebut memiliki fitur analisis terkomputerisasi dan integrasi pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil validasi diperoleh data akhir sebesar 98,6% untuk ahli materi dan 95,4% untuk ahli media, kedua hasil tersebut termasuk kategori sangat valid. Hasil uji coba kepada guru diperoleh persentase sebesar 93,4%, hasil tersebut termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh dari hasil uji ahli materi, ahli media, dan guru diperoleh persentase sebesar 95,8%, sehingga dapat disimpulkan aplikasi pembantu guru menyusun RPP K-13 ini sangat valid dan sangat layak digunakan. 

 

ABSTRACT

Alqodri, Febrianto. 2017.  Development of Application to Enhance Computer and Informatic Engineering Teacher’s Understanding in Establishment of 2013 Curriculum RPP at Vocational High School. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T, (2) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.

 

Keywords: RPP application, 2013 curriculum, Vocational High School, Informatic Enggineering

The Government Regulation No. 32 in 2013 suggests that all schools have to implement Curriculum 2013 (K-13). But the implementation of K-13 created some problems for teachers, especially about learning set that should be incorporated into Learning Plan (RPP). Liyarti (2013) revealed that most teachers complain about the difficulties in understanding Main Competencies (KI) and KD. Based on the interview with one of National Instructure Curriculum 2013, Eko Subiyantoro, S. Pd, S. ST., M. T., he said that in K-13 training especially establishment of RPP, many teachers difficulty understand the rules of K-13 RPP that lead to scientific learning. By seeing these problems, a solution that can help teachers in preparing K-13 RPP is needed, one of that solution is make an application. The objectives of this research is (1) describe current K-13 RPP application in vocational high school (SMK), (2) developing desktop application which can help teachers to enhace K-13 RPP, and (3) get the feasibility of product implementation to informatic engineering teachers in enhace K-13 RPP standard.

This application development model is ADDIE which can be integrated with prototype development model in design stage. ADDIE development model consists of five stages, i.e. (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, and (5) Evaluation. The evaluation method used was Boundary Value Analysis (BVA) black-box testing. In this test, the data collected was in the form of quantitative and qualitative data. The instrument used was closed ended questionnaire.

The result of this research and development is an desktop application which can help the informatic engineering teacher to enhace K-13 RPP. The application has computation analyse and scientific integration feature. Based on the validation results, 98,6% from material experts and 95,6% from media experts, both results are in very valid category. 93,4% from teachers as the subject of product trial, the result is included in the very feasible category. By calculating the average of the results from material experts, media experts, and teachers, this K-13 RPP application get 95,8%, so it can be concluded that the application which can help teachers to enhace K-13 RPP is very valid and very feasible to use.