SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning berbantuan SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk Matapelajaran Sistem Operasi terhadap Hasil Belajar dan Metakognitif Siswa Kelas X RPL di SMK Negeri 6 Malang

Afita Rizky Amalia Rusfah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rusfah, Afita Rizky Amalia. 2017.Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learningberbantuan SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk MatapelajaranSistem Operasi terhadap Hasil Belajar dan Metakognitif Siswa Kelas XRPL di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Kompetensi Keahlian TeknikElektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. dan pembimbing (2) TriyannaWidiyaningtyas, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Standar Operasional Prosedur, Hasil Belajar,Metakognitif.

Setelah dilakukan observasi pada matapelajaran Sistem Operasi di jurusan RPL SMK Negeri 6 Malang ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas, yaitu: pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran Project Based Learning tetapi dalam penerapan model tersebut masih terdapat kekurangan terutama dalam tahap melemparkan  pertanyaan essensial kepada siswa. Tahap tersebut merupakan tahap terpenting karena pemahaman siswa dalam menerima materi pembelajaran menjadi faktor penentu keberhasilan dalam melakukan praktikum individu sebagai tugas akhirnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini ditambahkan media berupa SOP yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mengingat serta menerapkan langkah-langkah yang sesuai dengan demonstrasi dan penjelasan yang telah diberikan oleh guru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan SOP dan model pembelajaran Project Based Learning tanpa SOP. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Exsperimetal Design dengan pola Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari veriabel bebas yaitu Project Based Learning berbantuan SOP dan Project Based Learning tanpa SOP serta variabel terikat yaitu hasil belajar dan kemampuan metakognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang, dan sampelnya diambil 2 kelas dari 4 kelas yang ada di SMK Negeri 6 Malang.

Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan, didapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kognitif antara penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan SOP dengan model pembelajaran Project Based Learning tanpa SOP melalui uji T dengan nilai sig. 0,0085 < 0,025; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata keterampilan antara penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan SOP dengan model pembelajaran Project Based Learning tanpa SOP melalui uji T dengan nilai sig. 0,001 < 0,025 ; (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan metakognitif siswa antara menggunakan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan SOP dengan kemampuan metakognitif menggunakan model pembelajaran Project Based Learning tanpa SOP melalui uji T dengan nilai sig. 0,0095 < 0,025.