SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS FLIPPING BOOK PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PESANGGARAN

Rusdha Aulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aulia, Rusdha. 2017. Pengembangan Buku Digital Interaktif Berbasis Flipping Book pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMAN 1 Pesanggaran. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd., (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: flipping book, buku digital interaktif, TIK

Dalam berjalannya proses pembelajaran Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 1 Pesanggaran, guru menjadi sumber belajar utama disamping buku ajar yang telah disiapkan sekolah. Guru menjelaskan berdasarkan buku ajar dan terkadang dibantu dengan slide presentasi agar siswa lebih tergambar dengan praktikum materi yang telah disampaikan. Fasilitas yang telah disediakan sekolah untuk mendukung proses pembelajaran belum digunakan secara maksimal. Siswa masih sangat bergantung terhadap guru saat di kelas dan buku ajar untuk praktikum TIK yang dilakukan secara mandiri. Hal ini menjadi kendala bagi siswa dalam memahami materi yang akan dipraktikkan. Pengembangan buku digital interaktif berbasis flipping book dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam mempermudah proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun digunakan secara mandiri. Flipping book ini berisi materi yang padat dan sistematis dengan dilengkapi video sebagai simulasi praktik yang memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu, flipping book yang dikembangkan juga terdapat soal evaluasi yang membantu siswa dalam belajar soal jawab materi di setiap bab. Tujuan penelitian ini adalah merancang, mengembangkan, dan mengetahui tingkat kelayakan buku interaktif berbasis flipping book pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI di SMA Negeri 1 Pesanggaran. Oleh karena itu buku akan dikembangkan berdasarkan kondisi dan kebutuhan serta diukur tingkat kelayakan baik dari segi materi yang disampaikan, desain pembelajaran, tampilan, pengoperasian, dan aspek perangkat lunak hasil pengembangan.

Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Dick dan Carey. Sembilan langkah pengembangan yang diambil dari model ini yaitu: (1) analisis kebutuhan dan tujuan; (2) analisis pembelajaran; (3) analisis pembelajar (siswa) dan konteks; (4) merumuskan tujuan performansi atau unjuk kerja; (5) mengembangkan instrumen atau alat tes; (6) mengembangkan strategi pembelajaran; (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran; (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif; dan (9) melakukan revisi.

Dalam uji review ahli didapatkan presentase hasil yaitu review ahli materi sebesar 93,75% dan review ahli media sebesar  89,53%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba, diperoleh persentase dalam uji coba prototipe sebesar 78,4%, uji coba skala kecil sebesar 84,42%, dan uji coba lapangan sebesar 84,40%. Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar dan Sriwiyana (2010), seluruh hasil penelitian baik dari review ahli maupun hasil uji coba menunjukkan nilai di atas 75,01% yang berarti tingkat validitas ahli dan tingkat kelayakan pengguna sangat valid sehingga flipping book yang dikembangkan dapat digunakan tanpa revisi dan layak digunakan.