SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Komparasi Penerapan Model Mind Mapping dan Feedback Untuk Mengatasi Masalah Miskonsepsi Pemahaman Mata Pelajaran Instalasi Jaringan Berbasis Luas atau (WAN) pada Siswa Kelas XI Semester II Program Keahlian TKJ SMKN 1 Sidayu Gresik

Aidatul Fitriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemampuan pemahaman yang rendah mengakibatkan miskonsepsi pemahaman pada siswa dan pencapaian hasil belajar siswa di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan mengacu masalah tersebut, maka dilakukan penelitian “Komparasi Penerapan Mind Mapping (X1) dan Balikan (Feedback) (X2) untuk Mengatasi Masalah Miskonsepsi (Y)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) tingkat miskonsepsi siswa menggunakan model mind mapping; (2) tingkat miskonsepsi siswa menggunakan model feedback; dan (3) perbedaan miskonsepsi siswa menggunakan model mind mapping dan feedback.

Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasy experiment dan desain post only group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TKJ SMKN 1 Sidayu Gresik tahun angkatan 2016/2017 sejumlah 62 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 31 siswa pada kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen A dengan penerapan model mind mapping dan 31 siswa pada kelas XI TKJ 2 sebagai kelas eksperimen B dengan penerapan model feedback. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis perbedaan model adalah uji-t menggunakan teknik Independent Sample t-Test. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan berbantuan software SPSS 22.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) X1 berada dalam kategori miskonsepsi tingkat tinggi dengan responden (10%); (2) X2 berada dalam kategori miskonsepsi tingkat tinggi dengan responden (13%); (4) signifikasi komparasi Sig. (2-tailed) 0,024 < 0,05; (5) signifikasi komparasi Sig. (2-tailed) 0,025 < 0,05; dan (6) nilai Fhitung sebesar 6,189 (sig. : 0,16 < 0,05).

Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya penurunan tingkat miskonsepsi kategori miskonsepsi tinggi dengan perlakuan model mind mapping sebesar 26,26%; (2) adanya penurunan tingkat miskonsepsi kategori miskonsepsi tinggi dengan perlakuan model feedback sebesar 30,03%; dan (3) adanya perbedaan tingkat miskonsepsi dengan perlakuan model mind mapping dan feedback Sig. 0,16 < 0,05.