SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ajar Pemrograman Web Dinamis Bermuatan Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari

Asnita Meydelia Catur Kurniawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawati, Asnita Meydelia Catur. 2017. Pengembangan Modul Ajar Pemrograman Web Dinamis Bermuatan Project Based Learning untuk Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas XI Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 2 Singosari. Skripsi, S1 Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi C. P, M.Pd, M.T, (II) M. Zainal Arifin, S.Si, M.Kom.

 

Kata kunci: Kreativitas, Modul ajar Pemrograman Web Dinamis, Project Based Learning.

SMK Negeri 2 Singosari merupakan salah satu sekolah yang memerlukan inovasi baru dalam pembelajaran Pemrograman Web Dinamis. Selama ini, bahan ajar yang digunakan pada saat pembelajaran Pemrograman Web Dinamis yaitu bahan ajar sederhana berupa powerpoint. Terbatasnya bahan ajar ini mengakibatkan rendahnya minat siswa untuk mempelajari materi. Rendahnya minat belajar siswa berdampak pada kreativitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga diperlukan inovasi yaitu pengembangan bahan ajar berupa modul ajar. Salah satu cara agar modul dapat menumbuhkan kreativitas siswa adalah mengintegrasikan Project Based Learning (PjBL) ke dalam modul ajar. Tujuan dari pengembangan ini adalah merencanakan, mengembangkan, mengujicobakan dan memanfaatkan modul ajar Pemrograman Web Dinamis bermuatan Project Based Learning untuk menumbuhkan kreativitas siswa.

Metode pengembangan yang digunakan adalah model Dick and Carey. Model Dick and Carey mempunyai sepuluh langkah. Namun pada pengembangan ini, dibatasi hanya pada langkah ke sembilain yaitu revisi. Model pengembangan ini dipilih karena pada modul ajar yang dikembangkan terdapat unsur pembelajaran yang diintegrasikan ke dalam modul.

Modul ajar yang dihasilkan terdiri dari modul siswa dan modul pegangan guru yang terdiri dari 4 materi berdasarkan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada Semester Genap. Hasil validasi modul ajar yang dikembangkan layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi modul dari sisi materi memperoleh persentase sebesar 94,74%. Hasil validasi modul dari sisi media memperoleh persentase sebesar 78,74%. Pada uji coba awal penerapan modul ajar memperoleh persentase sebesar 86,07%, dan pada uji coba akhir penerapan modul ajar memperoleh persentase sebesar 86,33%.

Modul ajar yang dikembangkan mampu menumbuhkan kreativitas siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil observasi kreativitas siswa dalam menggunakan modul ajar Pemograman Web Dinamis. Sebagian besar siswa cenderung memiliki kreativitas tinggi dengan persentase 90,63% pada saat menggunakan modul ajar Pemrograman Web Dinamis yang dikembangkan, sedangkan hanya terdapat beberapa siswa yang memiliki kreativitas sedang dengan persentase 9,37% pada saat menggunakan modul ajar Pemrograman Web Dinamis.