SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Bermuatan Project Based Learning (PjBL) untuk Menumbuhkan Keaktifan Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMKN 11 Malang

Dian Setiya Ningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiyaningrum, Dian. 2017. Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Pengolahan Citra Digital Bermuatan Project Based Learning (PjBL) untuk Menumbuhkan Keaktifan Siswa Kelas XI Program Keahlian Multimedia di SMKN 11 Malang. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono P., M.Pd., M.T., (II) I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.

 

Kata Kunci: keaktifan siswa, project based learning, e-modul

Berdasarkan wawancara dengan guru produktif Multimedia dan praktik mengajar di SMKN 11 Malang, faktor penyebab rendahnya keaktifan siswa kelas XI mata pelajaran Pengolahan Citra Digital antara lain, tingkat pemahaman siswa, metode dan media pembelajaran yang digunakan. Siswa tidak paham tentang materi yang sedang dipelajari dan kebiasaan siswa yang tidak pernah belajar. Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat menjadi penyebab pembelajaran bersifat satu arah. Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa dapat diwujudkan melalui penggunaan berbagai macam variasi metode dan media pembelajaran. Tujuan pengembangan dan penelitian, yaitu: (1) mengembangkan media e-modulsebagai sumber belajar bermuatan PjBL untuk mata pelajaran Pengolahan Citra Digital Kelas XI program keahlian Multimedia; (2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan e-modul; dan (3) mengetahui tingkat keaktifan siswa dalam menggunakan media e-modul.

Model pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan, yaitu: (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Pada tahap desain ADDIE, terdapat modifikasi dengan menambahkan pengembangan konten oleh Hamdani (2011). Validasi dan uji coba e-modul dilakukan dengan 5 tahap yaitu, (1) validasi konten e-modul oleh ahli materi; (2) validasi media e-modul oleh ahli media; (3) uji coba kepada kelompok kecil; (4) uji coba kelompok besar; dan (5) keaktifan siswa dalam menggunakan e-modul mata pelajaran Pengolahan Citra Digital.

Hasil pengembangan dan penelitian, yaitu: (1) validasi konten oleh ahli materi diperoleh 90,91%; (2) validasi media oleh ahli media diperoleh 87,70%; (3) uji coba kepada kelompok kecil diperoleh 84,86%; dan (4) uji coba kepada kelompok besar diperoleh 91,44%. Berdasarkan pengamatan keaktifan siswa dalam menggunakan e-modul, terdapat 23 siswa masuk dalam kelompok sedang dengan presentase 65,7%, 10 orang siswa masuk dalam kelompok atas dengan persentase 28,6% dan 2 orang masuk dalam kelompok bawah dengan persentase 5,7%.

Berdasarkan kriteria kelayakan menurut Akbar, dapat disimpulkan bahwa e-modul mata pelajaran Pengolahan Citra Digital sangat layak sehingga, dapat digunakan, disebarkan dan diproduksi. Keaktifan siswa dalam menggunakan e-modul masuk dalam kelompok sedang cenderung ke atas sehingga, e-modul mata pelajaran Pengolahan Citra Digital dapat menumbuhkan keaktifan siswa.