SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN TRAINER CHIP MINIMUM SYSTEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROPROSESOR UNTUK MAHASISWA JURUSANTEKNIKELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Muhamad Irfan

Abstrak


ABSTRAK

 

Irfan, Muhamad. Pengembangan Trainer Multy Chip Minimum System Sebagai Media Pembelajaran Mikroprosesor untuk Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dyah Lestari, S.T., M.Eng. Pembimbing (2) Drs. Dwi Prihanto, S.T., S.S.T., M.Pd..

 

Kata Kunci: Trainer, Multy Chip Minimum System.

Penelitian bertujuan untuk (1) Membuat rancang bangun  trainer  Multy Chip Minimum System sebagai  media  pembelajaran  (2)  Mengetahui  unjuk  kerja  dari trainer Multy Chip Minimum System dan (3) Mengetahui tingkat kelayakan trainer Multy Chip Minimum System sebagai media pembelajaran untuk matakuliah mikroprosesor di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Objek penelitian ini adalah modul praktikum dan trainer Multy Chip Minimum System. Tahap pengembangan produk meliputi 1) Desain, 2) Implementasi, 3) Pengujian, 4) Validasi, dan 5) Uji-coba pemakaian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1) Pengujian dan pengamatan unjuk kerja, 2) Angket penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan 1 ahli materi pembelajaran dan 1 ahli media pembelajaran dan uji-coba pemakaian dilakukan oleh 40 mahasiswa Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang.

Model pengembangan pengerjaannya tidak secara serial, tetapi disetiap prosesnya selalu ada revisi-revisi yang tujuannya untuk kesempurnaan trainer yang dibuat, pengembangan ini terdiri dari beberapa langkah-langkah sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji-coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji-coba perbaikan, (9) Revisi produk, (10) Pembuatan produk masal.

Uji coba ditujukan kepada ahli media dan ahli materi serta mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh mata kuliah Mikroprosesor. Uji coba dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kelayakan dari media trainer yang dibuat. Hasil uji coba dari ahli media didapatkan persentase tingkat kelayakan sebesar 96,77%, uji coba dari ahli materi didapatkan persentase tingkat kelayakan sebesar 96,25%, uji coba produk oleh 10 responden didapatkan persentase tingkat kelayakan sebesar 87,33%, uji coba pemakaian oleh 30 responden didapatkan persentase tingkat kelayakan sebesar 90,91%.

Berdasarkan hasil uji coba, produk berupa trainer Multy Chip Minimum System dan modul praktikum dikategorikan sangat layak untuk media pembelajaran praktikum mikroprosesor di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.