SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Sarana Prasarana dan Pengelolaan Laboratorium Dasar Teknik Elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 2 Singosari

Mizanul Ahsan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ahsan, Mizanul. 2017. Evaluasi Sarana Prasarana dan Pengelolaan LaboratoriumDasar Teknik Elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri diSMK Negeri 2 Singosari. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.ST. M.Pd. (II) Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

 

Kata Kunci: Evaluasi, Sarana prasarana, Laboratorium, CIPP.

Teknik Elektronika Industri merupakan salah satu program keahlian di SMK Negeri 2 untuk mempersiapkan para peserta didik menjadi teknisi pada bidang elektronika dan instrumen dalam dunia usaha atau dunia industri. Tersedianya sarana dan prasarana laboratorium merupakan hal terpenting dalam suatu instansi pendidikan untuk menunjang sebuah kegiatan pembelajaran. Sehingga diperlukan suatu evaluasi diri (self-evaluation) untuk mengukur kemampuan diri dari Sekolah Menengah Kejuruan dalam menghadapi perkembangan dunia usaha/dunia industri, khususnya dalam aspek sarana prasarana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi (evaluation research) dengan model evaluasi konteks, input, proses, dan produk (CIPP), komponen konteks mencakup tujuan program keahlian, evaluasi pada komponen input yaitu sumber daya manusia dan sarana prasarana Laboratorium Dasar Teknik Elektronik, evaluasi proses dilakukan pada penerapan dan manajemen Laboratorium, sedangkan pada komponen produk dilakukan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana yang tersedia di Laboratorium dengan motivasi belajar peserta didik. Pendekatan pada penelitian evaluasi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh data konteks dan proses. Sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan untuk pengumpulan data input dan produk. Pengambilan data dilakukan dengan cara (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi, dan (4) angket. Pada pengujian angket digunakan dengan validitas dan realibilitas. Analisis data kualitatif dilakukan melaui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan statistik deksriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) konteks Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari sesuai dengan kebutuhan sarana prasarana dan pengelolaan Laboratorium; (2) input tenaga Laboratorium dalam kategori “Sangat Baik”; (3) input sarana dan prasarana pada Laboratorium dalam kondisi “Baik”; (4) proses pengelolaan sarana dan prasarana di Laboratorium telah sesuai dengan prosedur; (5) produk kepuasan peserta didik terhadap sarana prasarana dan pengelolaan Laboratorium Dasar Teknik Elektronik Program Keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 2 Singosari adalah dalam kondisi “Baik”.