SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KEMAMPUAN KOMPETENSI JUNIOR PROGRAMMING MAHASISWA S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ananda Putri Syaviri

Abstrak


ABSTRAK

 

Syaviri, Ananda Putri. 2016. Analisis Kemampuan Kompetensi JuniorProgramming Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika di JurusanTeknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program StudiPendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, FakultasTeknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. HakkunElmunsyah, S.T., M.T (II) Muhammad Jauharul Fuady, S.T., M.T

 

Kata kunci : Analisis Kemampuan, Junior Programming, Uji Kompetensi.

SSebagai calon pendidik, mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika jugamerupakan calon praktisi program. Sebagai calon praktisi program, mahasiswaPendidikan Teknik Informatika dituntut untuk memilikikemampuan standar yangharus dikuasai berdasarkan pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.Dalam uji kompetensi bidang Komunikasi dan Informatika, tingkatan terendah darikompetensi bidang informatika adalah tingkat atau klusterJunior Programming.Untuk itu mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dituntut untuk menguasaikompetensi dasar tersebut agar dapat dikatakan kompeten dan layak menjadipraktisi program di masa mendatang.Pada klusterJunior Programmingterdapat tujuh (7) unit kompetensiyangharus dikuasai. Agar mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Jurusan TeknikElektro Universitas Negeri Malang dapat membuat program dengan layak dan baiksesuai dengan SKKNI, maka mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika haruslulus atau tuntas matakuliah yang berkaitan langsung dengan unit kompetensi yangdiujikan pada klusterJunior Programming. Matakuliah minimal yang harusdikuasai adalah Dasar Pemrograman Komputer dan Algoritma Struktur Data.Standar kompetensi yang ada pada matakuliah merujuk pada standar kompetensinasional.Unit kompetensi SKKNI untuk klusterJunior Programmingberjumlahtujuh (7) unit, namun dalam penelitian ini difokuskan pada enam (6) unit sajadikarenakan visi dan misi dari program studi Pendidikan Teknik Informatika yangbertujuan menghasilkan lulusan dengan level sarjana pendidikan di bidangpendidikan Teknik Informatika. Lulusan Pendidikan Teknik Informatika tidak100% harus menguasai keahlian Teknik Informatika seperti lulusan TeknikInformatika murni serta keenam unit tersebut sudah mewakili kompetensi yangdiujikan tercermin dalam matakuliah Algoritma Struktur Data dan DasarPemrograman Komputer.Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kemampuan kompetensiJuniorProgrammingmahasiswa S1 PTI 2013-2015 sebesar55.174. Hal ini membuktikanbahwa masih kurangnya kompetensi kemampuan mahasiswa dalamJuniorProgrammingyang tercermin dalam matakuliah Algoritma Struktur Data dan DasarPemrograman Komputer. Kurva inkonsisten pada hasil uji coba kelompok kecil danKurva distribusi normal pada hasil uji coba kelompok besar. Sub kompetensi yangdigunakan sebagai alat ukur instrument uji coba berjumlah 26 sub kompetensi dan78 indikator. Instrumen yang digunakan yaitu instrument tes dan instrument angketdinyatakan dapat digunakan sebagai alat ukur kompetensi mahasiswa dengan nilaireabilitas sebesar 0.757 dan 0.748 dengan kategori sangat tinggi.