SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Epub Untuk Menunjang Matakuliah Game Edukasi Pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri

Ristania Fitri Wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Ristania Fitri 2016.Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Epub Untuk Menunjang Matakuliah Game Edukasi Pada Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing : (1) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, S.T., M.T.,(2) Didik Dwi Prasetya, S.T.,M.T.,

 

Kata Kunci : Bahan Ajar Digital, Game Edukasi, Epub.

Salahsatu tujuannya dari matakuliah Game Edukasi di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang adalah mendesain game yang menarik untukmenumbuhkan motivasi belajar peserta didik.Sehingga, kemampuan untuk dapat menguasai aplikasi pembuat game (game engine) sangat dibutuhkan. Berdasarkan hasil observasi terhadap mahasiswa yang telah mengikuti matakuliah Game Edukasi, 90% mahasiswa belum memahami bahasa pemrograman yang digunakan dan membutuhkan sumber belajar mandiri berupa modul.Berdasarkan uraian tersebut, dibutuhkan pengembangan dan penambahan bahan ajar yang lebih inovatif dan menarik untuk penunjang matakuliah Game Edukasi. Bahan ajar yang dimaksud merupakan bahan ajar digital dalam bentuk Epub.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1)Merancang bahan ajar berupa modul digital berbasis epub untuk matakuliah Game Edukasi.; (2)Menghasilkan bahan ajar berupa modul digital berbasis epub untuk matakuliah Game Edukasi; (3) Menguji hasil pengembangan untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan.Model pengembangan yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki langkah-langkah sebagai berikut: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation;

Hasil uji coba produk yang telah dilaukuan pada 3 (tiga) kelompok responden diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ahli media menyatakan produk  ini valid dan layak digunakan dengan presentase 88.71%, (2) ahli materi menyatakan produk  ini valid dan layak digunakan dengan presentase 95%, (3) mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika menyatakan  valid dan layak digunakan dengan presentase 86,25% pada uji coba kelompok kecil dan 88.60% pada uji coba kelompok besar.