SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Nilai Kognitif dan Afektif Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X TEI di SMKN 3 Boyolangu Tulungagung

Fariz Abu Rizal

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasil refleksi dari Kajian Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Malang dan penjelasan guru mata pelajaran Teknik Listrik, pembelajaran yang dilakukan selama menjalani KPL kurang maksimal. Siswa kurang memperhatikan penjelasan, tidak aktif bertanya, sebagian bermain smartphone, dan sebagian beradu argumen dengan teman sebangku. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan model pembelajaran inkuiri. Penerapan model pembelajaran inkuiri bertujuan untuk meningkatkan nilai kognitif dan afektif siswa. Subjek penelitian merupakan siswasiswi kelas X TEI-1 yang sedang menempuh mata pelajaran Teknik Listrik di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus dilakukan pengumpulan data nilai kognitif dan afektif siswa. Pengumpulan data nilai kognitif siswa dengan soal pretest dan posttest, sedangkan data nilai afektif siswa dikumpulkan dengan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 75,28 dengan persentase ketuntasan 66,67%, siklus II sebesar 81,22 dengan persentase ketuntasan 83,78%, dan siklus III sebesar 90,54 dengan persentase ketuntasan 91,89%. Rata-rata nilai afektif siswa pada siklus I adalah 75,78 dengan persentase ketuntasan 66,67%, siklus II sebesar 83,03 dengan persentase ketuntasan 86,48%, dan siklus III adalah 90,05 dengan persentase ketuntasan 91,89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar nilai kognitif dan afektif siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X TEI-1 di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, beberapa hal yang dapat diperhatikan untuk proses pembelajaran yang lebih baik pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X TEI antara lain, (a) Model pembelajaran inkuiri dapat diterapkan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran Teknik Listrik kelas X TEI; (b) Waktu yang diperlukan untuk model pembelajaran inkuiri relatif lama, selain itu perhatian penuh guru kepada siswa juga harus dilakukan.