SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 6 Malang

umi khalifah

Abstrak


Mata Pelajaran Pemrogaraman Web merupakan Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian sesuai struktur Kurikulum 2013 yang ditetapkan untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan dunia usaha dan industri.Hasil studi awal pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di beberapa sekolah menyatakan bahwa siswa masih mengandalkan guru sebagai sumber informasi dan tutor dalam proses pembelajaran.Siswa hanya memperoleh materi dari guru tanpa media pendamping belajar sehingga siswakesulitan dalam memhami materi dan menjadi kurang aktif.Guru juga memerlukan media pembelajaran yang mendukung dan sesuai dengan Mata Pelajaran Pemrograman Web sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih mudah dan menarik. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web dengan model pembelajaran project based learningsangat diperlukan, sehingga dapat membantu guru dan siswa, menciptakan suasana belajar mengajar yang mudah dan menarik. Media pembelajaran dikombinasikan dengan model project based learning, karena model ini didasarkan pada pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan mengetahui kelayakan media pembelajaran mengunakan model project based learninguntuk Mata Pelajaran Pemrograman Web. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalahmodel pengembangan Sadiman (2012). Langkah-langkah dalam model pengembangan Sadiman (2012), antara lain: (1)identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan pembelajaran,(3)perumusan butir materi pembelajaran, (4) perumusan alat ukur keberhasilan, (5) penulisan naskah media, (6)uji coba, (7) revisi, dan (8) naskah siap diproduksi dan dimanfaatkan. Penelitian ini melibatkan dua orang ahli, yaitu ahli media dan ahli materi, sertasubjek uji cobasiswa Kelas X Program Keahlian RPL SMK Negeri 6 Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket

 

Hasil data kuantitatif validasi ahli dan uji coba siswa media pembelajaran  interaktif berbasis proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web adalah sebagai berikut: 1) hasil validasi ahli media sebesar 98,0%, 2) hasilvalidasi ahli materi sebesar 93,1%, 3) hasil uji coba perorangan sebesar 82,1%, 4) hasil uji coba kelompok kecil sebesar 85,8%, dan 5) hasil uji coba kelompok besar sebesar 90,9%. Hasil persentase keseluruhan validasi ahli dan uji coba siswa sebagai produk akhir,menyatakan bahwa media pebelajaran sudah valid dan layak untuk digunakan.