SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Inverter Tiga Fasa Untuk Mendukung Praktikum Elektronika Daya Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Tedy Sanjaya

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Sanjaya, Tedy .2016. Pengembangan Trainer Inverter Tiga Fasa untuk mendukung Praktikum Elektronika Daya Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Slamet Wibawanto, M.T. (II) Dyah Lestari, S.T.,M.Eng.

 

Kata Kunci: Pengembangan ADDIE, Trainer, Inverter, Elektronika Daya

 

Salah satu topik yang dibahas dalam Elektronika Daya adalah inverter. Mahasiswa dituntut untuk mempelajari dan memahami konsep dasar dari inverter. Berdasarkan hasil wawancara (1) mahasiswa cenderung kesulitan dalam memahami konsep dasar dari inverter, (2) mahasiswa jarang melakukan praktikum menggunakan media pembelajaran trainer, (3) mahasiswa lebih tertarik untuk melakukan praktikum menggunakan trainer. Berdasarkan observasi trainer inverter yang ada di Laboratorium Elektronika hanya ditemukan trainer inverter satu fasa dan masih menggunakan gelombang penyulutan sinyal square wave PWM sehingga perlu adanya pengembangan trainer inverter tiga fasa dengan metode penyulutan yang lebih spesifik. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mengembangkan trainer inverter untuk mendukung praktikum Elektronika Daya topik inverter.

Proses pengembangan yang dilakukan  menggunakan model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahap kegiatan pada model pengembangan ADDIE yaitu : (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi.

Produk yang telah dikembangkan akan diuji performanya dan tingkat kelayakannya. Selain pengujian performa dan tingkat kelayakan, trainer inverter tiga fasa akan diterapkan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilan trainer dalam mendukung pembelajaran. Hasil pengujian performa trainer inverter tiga fasa menunjukan bahwa seluruh bagian trainer inverter dapat berjalan dengan baik dan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli didapatkan 98,68% dari ahli-1 dan 97,36% dari ahli-2. Setelah dilakukan pengujian trainer dalam pembelajaran dan melakukan tes pemahaman konsep pada mahasiswa, didapatkan hasil sebesar 90,47% mahasiswa yang dikatakan lulus setelah mengikuti pembelajaran menggunakan trainer inverter tiga fasa. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa trainer inverter tiga fasa dikatakan layak untuk digunakan dan dapat mendukung proses pembelajaran matakuliah Elektronika Daya topik inverter.