SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Sistem Sortasi Otomatis Berdasarkan Warna Barang Menggunakan Aktuator Pneumatic Untuk Mata Kuliah Workshop PLC dan Pneumatic

Dikky Fakhrudin

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Fakhrudin, Dikky. 2016. Pengembangan Trainer Sistem Kontrol Sortasi Otomatis berdasarkan Warna Barang Menggunakan Aktuator Pneumatic untuk Matakuliah Workshop PLC dan Pneumatic Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Arif Nur Afandi, S.T., M.T., Ph.D. (II) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan Trainer, Pneumatic, Workshop PLC dan Pneumatic

Pneumatic merupakan piranti yang memanfaatkan udara bertekanan sebagai sumber tenaganya. Sistem pneumatic banyak digunakan di dunia industri sebagai alat-alat penggerak pada mesin produksi. Untuk menunjang pentingnya pengetahuan tentang sistem pneumatic dan kontrol industri, maka Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang menuangkan pembahasan sistem pneumatic dan kontrol indutri pada matakuliah Workshop PLC dan Pneumatic (PTEL 622). Berdasarkan hasil observasi, trainer pneumatic di jurusan Teknik Elektro masih belum bisa digunakan secara maksimal dan belum bisa aplikatif, sehingga mahasiswa belum bisa memperoleh pengalaman belajar secara langsung mengenai sistem pneumatic.

Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan ADDIE. Langkah-langkah penggunaan metodenya yakni: (1) analisis kebutuhan media pembelajaran praktikum pneumatic, (2) desain media pembelajaran berupa trainer pneumatic, (3) mewujudkan desain trainer pneumatic dalam bentuk nyata, (4) implementasi atau penerapan trainer pneumatic yang telah dibuat, dan (5) evaluasi pada kelima tahap tersebut dan melihat seberapa kelayakan media trainer yang sudah dikembangkan.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan yakni: (1) trainer sortasi otomatis berdasarkan warna barang menggunakan aktuator pneumatic yang dapat digunakan sebagai alat penunjang praktikum pada mata kuliah Workshop PLC dan Pneumatic, (2) buku penggunaan trainer. Hasil validasi trainer dari ahli media sebesar 83,75% dan ahli materi sebesar 82,81%. Presentase skor dari implementasi produk pada mahasiswa sebesar 91,07%.

Berdasarkan uji validitas dari ahli media dan ahli materi bahwa pengembangan Trainer Sortasi Otomatis berdasarkan Warna Barang menggunakan Aktuator Pneumatic untuk mata kuliah Workshop PLC dan Pneumatic ini dinyatakan valid. Sedangkan uji coba kelayakan pada mahasiswa menunjukkan bahwa trainer dan buku penggunaan trainer layak digunakan sebagai media pendukung praktikum mata kuliah Workshop PLC dan Pneumatic.