SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Berbasis Multimedia Untuk Kelas X Mekatronika SMKN 8 Malang

Muhamad Sholihuddin Fajri

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Fajri, M.S. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Untuk Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Siswa Kelas X Mekatronika SMKN 8 Malang. Proposal Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.H. Tri Atmadji S., M.Pd.  (II) Dyah Lestari,M.T.,M.Eng.

Kata Kunci : Bahan Ajar, Teknik Kerja Bengkel, Multimedia , ADDIE

 

Pembelajaran yang baik menuntut siswa aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Guru harus mempunyai daya kreatif untuk memilih bahan ajar yang tepat dalam penyampaian materi pelajaran di kelas. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel di SMKN 8 Malang terdapat beberapa masalah dalam proses pembelajaran mata pelajaran tersebut, yaitu hingga saat ini bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Teknik Kerja Bengkel masih berupa bentuk file ppt, pdf, dan buku teks, dimana materi dengan bahan ajar tersebut kurang interaktif dan komunikatif, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi dan pada saat praktikum. Selain itu dalam pembelajaran guru menerangkan materi pelajaran di depan kelas masih menggunakan papan tulis, dengan kata lain model pembelajaran yang digunakan masih mengunakan sistem teacher center. Hal ini membuat peserta didik menjadi cepat bosan dan tidak aktif dalam belajar.

 

Berdasarkan permasalahan tersebut, dalam penelitian ini dibuatlah bahan ajar untuk mata pelajaran teknik kerja bengkel. model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, dengan tahapan antara lain: (1) tahap analisis yaitu menetukan materi yang akan dimasukkan kedalam bahan ajar dan menentukan komponen penyusun bahan ajar; (2) tahap desain yaitu membuat storyboard bahan ajar; (3) tahap pengembangan yaitu merealisasikan rancangan bahan ajar dan melakukan uji validasi; (4) tahap implementasi yaitu menerapkan bahan ajar di SMKN 8 Malang; (5) tahap evaluasi yaitu melakukan evaluasi disetiap langkah ADDIE dan melakukan evaluasi pada akhir kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, maka didapatkan hasil uji validasi ahli media 93,5%, ahli materi 96,7%, subjek coba 86,1%, dengan kriteria  kelayakan sangat valid. Sedangkan dari hasil penerapan bahan ajar di SMKN 8 Malang, dapat dikategorikan sangat efektif dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 90,625%. Sehingga dengan ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mata pelajaran teknik kerja bengkel berbasis multimedia ini layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di SMKN 8 Malang.