SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Laporan Hasil Belajar Siswa Dengan Standar K-13 di Sekolah Menengah Kejuruan

sandi permana

Abstrak


ABSTRAK

Soebagio, Sandi Permana, A.Md. 2015. Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web Laporan Hasil Belajar Siswa Dengan Standar K-13 di Sekolah Menengah Kejuruan,

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T..

Pembimbing: (II) Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.

Kata Kunci     : Sistem Informasi, Kurikulum 2013, Fuzzy Sugeno,TOPSIS

Kurikulum 2013 yang sudah diimplementasikan di Sekolah Menengah Kejuruan ini, memiliki keistimewaan dalam penilaian. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Inilah yang banyak membuat guru kesulitan dalam penilaian Kurikulum 2013, Tidak hanya nilai dari hasil  Ulangan Harian (UH), Ujian Tengah Semester (UTS), dan juga Ujian Akhir Semester (UAS), guru wajib membuat nilai sikap dan keterampilan yang nantinya akan ditulis pada rapor sebagai laporan hasil belajar siswa pengelolaan data secara manual, mempunyai banyak kelemahan, selain membutuhkan waktu yang lama, keakuratannya juga kurang dapat diterima, karena kemungkinan kesalahan sangat besar.

Dengan dukungan teknologi informasi yang ada sekarang ini, pekerjaan pengelolaan data dengan cara manual dapat digantikan dengan suatu sistem informasi dengan menggunakan komputer. Selain lebih cepat dan mudah, pengelolaan data juga menjadi lebih akurat. Pemanfaatan intranet dapat membantu pihak sekolah untuk mengembangkan sistem informasi berbasiskan websitetentang pengolahan nilai, sehingga dapat meringankan beban guru dan dapat mempermudah peserta didik dalam memonitor nilai yang telah didapatkan.

Penggunaan kecerdasan buatan dapat menjadi salah satu cara dalam menyelesaikan pengembangan Sistem Informasi Penilaian Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 Berbasis Web di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Malang untuk memperoleh penyajian data dan hasil perhitungan lebih mudah serta akurat dengan menggunakan logika fuzzy sugeno untuk menghasilkan keluaran kalimat yang nantinya tertulis di rapot yang tertulis setiap kompetensi dasar dan TOPSIS untuk memberi peringkat secara akurat setiap siswa yang terdaftar nilainya di sistem tersebut.

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan skripsi dengan judulPengembangan Sistem Informasi Laporan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Web.

Terselesaikannya laporan skripsi ini tidak luput dengan adanya kendala yang dilalui oleh kami. Untuk itu, dengan penghormatan setinggi-tingginya kami berkenan meyampaikan terima kasih kepada:

1.       Kakek dan nenek almarhum yang telah mendukung baik moral maupun material,

2.       Ibu tercinta yang selalu memberikan dukungan moral,

3.       Istri tercinta yang selalu memberi dukungan moral dan material,

4.       Putri pertama tercinta motivasi pengembang untuk terus maju,

5.       Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T, M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, sekaligus Dosen Pembimbing I,

6.       Drs. Wahyu Sakti G.I., M.Kom.selaku Dosen Pembimbing II,

7.       Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. selaku Penguji yang telah memberikan koreksi dan saran dalam penulisan Skripsi,

8.       Dr. H. Andoko, S.T., M.T. selaku Dekan Fakultas Teknikdan Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd. selaku Koordinator Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika yang telah memberikan persetujuan untuk melaksanakan Skripsi,

9.       Seluruh dosen dan staf Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang telah membagi ilmunya selama perkuliahan,

10.   Teman – teman yang sudah memberikan bantuan.

 

Kami sadar bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak. Semoga proposal  ini bisa bermanfaat bagi pengembang sendiri dan bagi mahasiswa lain.

Malang,10Januari 2017

 

 

 

                                                                                                Pengembang