SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Programmable Logic Controler (PLC) merek Allen Bradley menggunakan Hand Held Programer (HHP) dalam matakuliah Workshop Kendali Mesin Listrik untuk Mahasiswa D3 Teknik Elektro angkatan 2014 Universitas Negeri Malang

Herta Bara Saputra

Abstrak


Salah satu kompetensi yang harus dikuasai pengajar adalah mengembangkan media pembelajaran. Kendala yang dihadapi pada proses pembelajaran Workshop kendali mesin listrik adalah kurangnya bahan ajar PLC AB. Tujuan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa Bahan ajar PLC AB menggunakan HHP (2) menguji kelayakan media bahan ajar yang dikembangkan.

Model penelitian dan pengembangan yang digunakanadalah model dari Sugiyono. Media pembelajaran yang dihasilkanberupabahan ajar PLC AB menggunakan HHP untukmahasiswa D3 Teknik Elektro angkatan 2014 Universitas Negeri Malang  .

Ujicoba ditujukan kepada ahli 1 dan ahli 2 serta mahasiswa D3 Teknik Elektro Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh matakuliah Workshop kendali mesin listrik. Ujicoba dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kelayakkan dari media bahan ajar yang dibuat. Hasil uji coba dari ahli materi 1 didapatkan persentase tingkat kelayakkan sebesar 74,11%, uji coba dari ahli 2 didapatkan persentase tingkat kelayakkan sebesar 92%, ujicoba produk oleh 3 responden didapatkan persentase tingkat kelayakkan sebesar 95%, uji coba pemakaian oleh 24 responden didapatkan persentase tingkat kelayakkan sebesar 92%. Berdasarkan hasil uji coba, produk berupa bahan ajar PLC AB menggunakan HHP dikategorikan sangat layak untuk media pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.