SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer Elektro Pneumatik Modular di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Hanis Bachrodin

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Sebagai institusi yang menyiapkan lulusan berkualitas dan profesional maka Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang, mempunyai kebijakan-kebijakan yang relevan (Katalog Teknik Elektro, 2012:69). Salah satunya adalah matakuliah yang diberikan kepada mahasiswa. Mata kuliah yang memberikan wawasan serta pengalaman tentang oprasional dan  pengontrolan mesin-mesin industri dan terkait pneumatik adalah mata kuliah Workshop Otomasi Industri (Katalog Teknik Elektro: 2012). Selain kebijkan tentang matakuliah, Jurusan Teknik Elektro juga ditunjang dengan berbagai fasilitas untuk kegiatan pembelajan diantaranya ketersediaan trainer dalam menunjang proses pembelajaran.

Berdasarkan observasi di laboratorium Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang ketersediaan trainer pneumatik sudah ada, namun trainer masih memiliki kekurangan-kekurangan seperti: (1) hampir semua komponen-komponen trainer tidak berfungsi, (2) cara pengoperasian yang tidak jelas, (3) komponen tidak lengkap, (4) kapasitas trainer untuk praktikum yang kurang mendukung dengan kurikulum yang ada, dan lain-lain. Sehingga perlu adanya pengembangan trainer pneumatik, maka judul pada penelitian pengembangan ini adalah  "Pengembangan Trainer Elektro Pneumatik Modular di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang"

Pada penelitian dan pengembangan trainer ini dipilih model pengembangan ADDIE, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development or Production; (4)  Implementation or Delivery; dan (5) Evaluations. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini nantinya akan di uji kelayakannya oleh ahli media, ahli materi, setelah dinyatakan valid selanjutnya di implementasikan kepada subjek uji coba untuk diuji uji kelayakan berdasarkan penilaian oleh pengguna (subjek uji coba) dan efektifitas dalam pembelajaran.

Hasil pengembangan adalah berupa produk pembelajaran yaitu: (1) Trainer Elektro Pneumatik Modular; (2) Jobsheet Elektro Pneumatik Modular; dan (3) Buku Petunjuk Penggunaan Trainer Elektro Pneumatik Modular , produk yang dihasilkan telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan subjek ujicoba dan dinyatakan sangat layak atau dinyatakan dengan keseluruhan persentase kelayakan sebesar 85,69%, serta dengan efektifitas sebesar 71,76%.