SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII A Di MTS Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun

Bhadra Sukakara

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Permasalahan dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun kelas VIII A antara lain: (a) materi dalam pembelajaran cenderung disampaikan dengan metode ceramah, (b) hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Group Investigation, melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Taggart. Dimana pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan meliputi: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa hasil observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif dengan rata-rata nilai hasil belajar yang sebelumnya sebesar 75,46% pada awal siklus I menjadi 85,56% di akhir siklus II. Pada ranah afektif mengalami peningkatan menjadi 93,17% pada akhir siklus II. Sedangkan pada ranah psikomotor juga mengalami peningkatan menjadi 91,33% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di MTs Al Istiqomah Dungus Kabupaten Madiun. Peneliti menyarankan agar dalam penelitian tindakan kelas selanjutnya menggunakan tiga siklus, sehingga didapatkan hasil yang relevan.