SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran Sistem Operasi Siswa Kelas X SMK Nasional Malang

Ika Amalia Rahmawati

Abstrak


Pembelajaran dan bahan ajar merupakan dua hal yang saling melengkapi. Pembelajaran akan berlangsung secara efektif jika dilengkapi dengan bahan pembelajaran, salah satunya adalah modul ajar. Dari hasil observasi pada SMK Nasional Malang terdapat permasalahan dalam pembelajaran Mata Pelajaran Sistem Operasi yaitu belum adanya modul ajar yang tersusun secara sistematis sesuai Kurikulum 2013. Untuk memecahkan kondisi tersebut maka perlu dikembangkannya modul ajar yang sesuai sebagai solusi yang memudahkan guru dan siswa.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg & Gall dengan langkah-langkah penelitian dan pengumpulan data (potensi dan masalah), merencanakan produk, pengembangan produk awal (desain), validasi produk oleh ahli materi dan media, revisi hasil validasi, uji coba lapangan terbatas (kelompok kecil), revisi hasil uji coba produk, uji coba lapangan dan revisi produk. Jenis data yang diperoleh dari validasi produk dan pengujian dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil validasi ahli media mendapat persentase sebesar 86,1%,yang artinya produk yang dikembangkan dari segi desain bagus dan valid dengan sedikit revisi.Hasil validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 92,86% yang artinya produk yang telah sesuai dengan struktur isi Kurikulum 2013 dan valid tanpa revisi. Hasil ujicoba siswa mendapat persentase sebesar 86,04% yang artinya modul ajar mudah digunakan, desain menarik, dan bermanfaat bagi siswa. Berdasarkan hasil uji produk, dapat disimpulkan bahwa produk sudah layak dan bisa digunakan. Untuk saran pengembangan produk lebih lanjut adalah dengan memperbaharui materi dengan perkembangan teknologi.