SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL BERBASIS PROBLEM SOLVING KELAS XI PAKET KEAHLIAN TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK

MOH. FAIZAL

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Modul adalah salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, yang didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang spesifik. Metode pembelajaran Problem Solving merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 1 Maret 2016, diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMKN 1 Situbondo berlangsung lebih lama dari alokasi waktu yang dimuat pada silabus. Permasalahan tersebut dikarenakan tidak tersedianya media ajar yang memadai, serta metode pembelajaran yang kurang sesuai untuk menunjang proses pembelajaran. Dari permasalahan yang telah diuraikan, maka dibuatlah media ajar berbentuk modul untuk mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol di SMK.

Tujuan dari pengembangan yang dilakukan adalah: (1) Merancang media ajar pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol untuk siswa kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK; (2) membuat media ajar mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol untuk siswa kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK; dan (3) menguji kelayakan hasil pengembangan modul perekayasaan sistem kontrol untuk siswa kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri di SMK.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari langkah-langkah pengembangan Sugiyono.Hasil dari penelitian Modul perekayasaan sistem kontrol yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh ahli, menyatakan bahwa bahan ajar berupa Modul perekayasaan sistem kontrol secara keseluruhan layak, sehingga dapat digunakan sebagai media dalam membantu proses pembelajaran pada Mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol.