SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SISTEM DETEKSI PLAT NOMOR SEPEDA MOTOR DI INDONESIA MENGGUNAKAN EMGU CV DAN OCR

Muhammad Qomarulloh Baidowi

Abstrak


Saat ini perkembangan jumlah kendaraan bermotor khususnya sepeda motor mengalami peningkatan yang begitu cepat, namun teknologi informasi juga terus berkembang dan maju. Salah satu inovasi yang dibutuhkan untuk menangani banyaknya sepeda motor yang beroperasi adalah mengembangkan sistem deteksi plat nomor sepeda motor yang cepat dan akurat. Sistem deteksi plat nomor sepeda motor ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman C#, pustaka atau librarydari EmguCV dan Visual Studio 2010 ultimate edition sebagai compilernya. Pengembangan ini bertujuan untuk membuat sistem yang mampu mendeteksi lokasi plat nomor dan mengubah karakter dalam gambar menjadi teks plat nomor.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metodologi prototype dengan cara mengumpulkan 10 gambar berisi plat nomor sepeda motor menggunakan kamera yang sama kemudian memasukkan gambar tersebut kedalam program. Program akan mendeteksi lokasi plat nomor dalam gambar, mencari karakter di dalam plat nomor, dan mengubah plat nomor menjadi teks menggunakan algoritma OCR  (Optical Character Recognition) secara otomatis.

Berdasarkan hasil dari gambar masukan yang di uji coba menunjukkan akurasi deteksi posisi dan mengubah gambar plat nomor menjadi teks sebesar 70,87 persen dan waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mendeteksi plat nomor sebesar 618,92 mili detik. Data yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa sistem deteksi plat nomor memiliki kecepatan deteksi yang cepat namun akurasi deteksi plat nomor perlu ditingkatkan sehingga sistem deteksi dapat direalisasikan di kehidupan sehari-hari.