SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji beda rerata Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Pemrograman Web menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share dan Model Direct Instruction pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang

Ghozil Mubarok Alfathoni

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 8 Malang didapatkan beberapa permasalahan, terutama pada proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu pembelajaran masih berupa Direct Instruction dari guru. Mayoritas siswa lebih pasif dan hanya mendengarkan instruksi dari guru untuk melakukan pembelajaran, masih terdapat beberapa siswa yang bermain handphone, bercanda dengan teman sebayanya di kelas, menonton film, mengerjakan tugas pelajaran lain, dan bahkan ada yang tertidur pada saat pembelajaraan berlangsung. Hal ini menyebabkan hasil belajar pada beberapa siswa berada di bawah KKM.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model Think Pair Share dan model Direct Instruction. Model pembelajaran Think Pair Share merupakan salah satu model pembelajaran yang menekankan pada penyelesaian masalah dengan cara bekerjasama dengan pasangannya. Siswa dituntut untuk mengemukakan pendapat kepada teman pasangannya, lalu menyatukan pendapat dari hasil diskusi, kemudian tiap pasang kelompok diberi kesempatan untuk melakukan presentasi di depan kelas untuk mengemukakan pendapat kelompok kepada seluruh kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Exsperimetal Design dengan pola Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari veriabel bebas yaitu Think Pair Share dan Direct Instruction serta variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang, dan sampelnya diambil 2 kelas dari 4 kelas yang ada di SMK Negeri 8 Malang.

Berdasarkan semua hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan yang signifikan pada rerata hasil belajar ranah pengetahuan pada mata pelajaran Pemrograman Web dalam pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dan model Direct Instruction pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang; (2) Ada perbedaan yang signifikan pada rerata hasil belajar ranah sikap pada mata pelajaran Pemrograman Web dalam pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dan model Direct Instruction pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang; (3) Ada perbedaan yang signifikan pada rerata hasil belajar ranah keterampilan pada mata pelajaran Pemrograman Web dalam pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dan model Direct Instruction pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang; (4) Terdapat perbedaan signifikan efektifitas dan efisiensi rerata hasil belajar dalam pembelajaran menggunakan model Think Pair Share dan model Direct Instruction pada siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 8 Malang.