SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Media Pembelajaran Simulasi On-Grid Inverter berbasis LabView-Multisim untuk Mata Kuliah Pembangkit Tenaga Listrik Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang

Fauzi Slamet Siswanto

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Pada pembelajaran mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang tahun 2016, terdapat deskripsi kompetensi yaitu: Sumber Energi Alternatif: solar cell dan On-Grid Inverter: pengaturan tegangan, dan pengaturan frekuensi. Dari hasil wawancara dengan M. Rodhi Faiz selaku dosen mata kuliah Pembangkit Tenaga Listrik diperoleh informasi yaitu belum ada media pembelajaran simulasi yang memfasilitasi tentang deskripsi kompetensi tentang pengaturan tegangan pada inverter menggunakan software labView-Multisim.Model pengembangan inverter pengatur tegangan ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Proses validasi dilaksanakan oleh ahli materi, ahli media, dan melakukan implementasi pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Validasi bertujuan untuk mengukur kelayakan produk yang dikembangkan. Validasi menggunakan angket skala Likert yang kemudian dianalisis. Analisis digunakan untuk menentukan kelayakan media sesuai dengan kriteria yang ditetapkanProduk yang dihasilkan berupa simulasi, modul, dan jobsheet. Tahap pertama dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media dilanjutkan dengan menguji cobakan simulasi program dalam pembelajaran. Sampel sasaran ujicoba adalah mahasiswa angkatan 2011 dan 2012. Persentase hasil validasi ahli materi 90,38%, ahli media 91,25%. Dan hasil validasi dan uji coba pada kelompok kecil 89,79%, dan kelompok besar 87,04%. Dari hasil validasi dan ujicoba dapat disimpulkan produk yang dihasilkan memenuhi kriteria layak dan secara keseluruhan menunjukkan produk dapat diimplementasikan dalam pelajaran