SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Animo Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII SMK TKJ di Kota Malang

Izati Rohmi

Abstrak


Animo memasuki dunia kerja (Y) pada siswa dipengaruhi oleh: faktor eksternal (X1) dan faktor internal (X2). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur X1, X2, dan Y; mengungkap signifikansi X1 dalam mempengaruhi Y; mengungkap signifikansi X2 dalam mempengaruhi Y; mengungkap besar sumbangan X1 dan X2 terhadap Y; mengungkap signifikansi X1 dan X2 secara simultan dalam mempengaruhi Y.

 

Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional expose facto. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas, dan hipotesis yag telah memenuhi syarat. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK TKJ di Kota Malang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple cluster sampling. Dari total populasi sejumlah 300 siswa kelas XII, dengan standar eror 5% didapatkan 161 siswa sebagai sampel.

 

Penelitian ini diperoleh kesimpulan: (1) tingkat X1, tingkat X2, dan tingkat Y termasuk kategori tinggi, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan X1  terhadap Y, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X2 terhadap Y, (4) sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 65,2% dan sumbangan relatif X2 terhadap Y sebesar 34,8%. Sedangkan sumbangan efektif variabel X1 sebesar 53,3% dan sumbangan efektif variabel X2 sebesar 28,46% lainnya disebabkan oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, dan (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang diajukan kepada peneliti selanjutnya adalah perlu adanya penelitian tindak lanjut untuk untuk meneliti variabel lain selain variabel faktor eksternal dan faktor internal terhadap animo memasuki dunia kerja. Selain itu, bagi seluruh pihak yang terlibat dalam mempengaruhi animo memasuki dunia kerja siswa harus bersinergi dan saling mendukung agar tujuan lembaga kependidikan tercapai dengan baik.