SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS EPUB PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK UNTUK SISWA KELAS XII DI SMK NEGERI 6 MALANG

MARGARETH NOVELITA HAPSARI

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Salah satu cara agar tujuan pembelajaran tercapai adalah dengan memfasilitasi keragaman gaya belajar siswa antara lain Visual, Auditorial, Read/Write, dan Kinestetik. Keragaman ini dapat diatasi salah satunya dengan memanfaatkan multimedia dalam media pembelajaran. Namun, bahan ajar yang saat ini digunakan pada mata pelajaran PBO kelas XII di SMKN 6 Malang belum mengakomodasi berbagai tipe belajar siswa. Berdasarkan angket yang disebar secara acak pada 50 siswa kelas XII yang mengikuti mata pelajaran PBO, 92% siswa membutuhkan bahan ajar digital. Berdasarkan uraian di atas, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat menyajikan materi yang dapat memvisualisasikan materi dan mengakomodasi berbagai tipe balajar siswa.

Penelitian pengembangan ini mengacu pada metode penelitian pengembangan Terdapat sepuluh langkah dalam metode Research and Development ini antara lain: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Ujicoba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Ujicoba Pemakaian; (9) Revisi Produk; (10) Produksi Massal.

Dalam pengembangan ini, hasil uji coba yang didapatkan dari tiga kelompok responden antara lain: (1) Ahli media menyatakan produk ini layak digunakan dengan persentase 92%; (2) Ahli materi menyatakan produk ini layak digunakan dengan persentase 85.1%; (3) 8 siswa responden pada uji coba skala kecil dan 23 siswa responden pada uji skala besar menyatakan media ini layak digunakan dengan persentase masing-masing 85.1% dan 91.4%.