SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemampuan Kerja Tim dan Kemandirian Siswa dengan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Se-Kota Malang

Indah Setyo Rahayu

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Kurangnya kesiapan kerja siswa menjadi salah satu alasan tingginya jumlah pengangguran di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kualitas lulusan SMK juga mempengaruhi tingginya jumlah pengangguran. Peningkatan kualitas SDM sebagai pemenuhan tenaga kerja profuktif yang profesional perlu diimbangi dengan softskill yang memadai yaitu berupa kemampuan kerja tim, kemandirian yang menjadikan siswa memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kesiapan memasuki dunia kerja (Y), (2) mengetahui tingkat kemampuan kerja tim (X­1)­, (3) mengetahui tingkat kemandirian siswa (X­2), (4) mengungkap signifikansi hubungan X1 dengan Y, (5) mengungkap signifikansi hubungan X2 dengan Y, (6) mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 dengan Y.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 515 siswa TKJ kelas XII Se-Kota Malang dengan sampel sebanyak 209 siswa. Pengukuran tiap variabel menggunakan angket tertutup. Angket tiap instrumen memiliki reliabilitas yang baik dengan nilai alpha X1 sebesar 0,723, X2 sebesar 0,726, dan Y sebesar 0,719. Data hasil penelitian juga menunjukkan adanya tingkatan pada tiap variabel yaitu: (1) Y berada pada kategori tinggi dengan jumlah 141 siswa, (2) X1 berada pada kategori tinggi dengan jumlah 138 siswa, dan (3) X2 berada pada kategori tinggi dengan jumlah 139 siswa.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Maka didapatkan hasil korelasi X1-Y sebesar 0,179 dengan signifikansi 0.010, X2-Y sebesar 0,212 dengan signifikansi 0,002 dan nilai regresi hubungan X1, X2, Y dengan nilai r 0,082, f 9,166 dan signifikansi 0,000. Maka hasil penelitian ini yaitu: (1) tingkat Y termasuk kategori sedang, (2) tingkat X1 termasuk kategori tinggi, (3) tingkat X2 termasuk kategori tinggi, (4) ada hubungan posistif dan signifikan antara X1 dengan Y, (5) ada hubungan posistif dan signifikan antara X2 dengan Y, (6) ada hubungan posistif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y.