SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Trainer PLC Portable Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMKN 1 Singosari

NAHWAN HADI NOPSI ZIKRI

Abstrak


ABSTRAK

Hadi Nopsi Zikri, Nahwan. 2015. Pengembangan Trainer PLC Portable  Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMKN 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Slamet Wibawanto, M.T. (2) Drs. Puger Honggowiyono, M.T.

Kata Kunci: Pengembangan, Trainer, PLC, Portable.

 

PLC merupakan salah satu sub bahasan yang terdapat pada silabus paket keahlian Teknik Otomasi Industri di SMKN 1 Singosari. Berdasarkan hasil wawancara, pak Syamsul selaku guru di SMK menyatakan bahwa sekolah masih kekurangan media pembelajaran PLC. Sekolah juga masih memerlukan pengembangan terhadap media pembelajaran, selain itu trainer yang digunakan di sekolah  memiliki fisik yang besar, tentunya akan sangat sulit untuk dipindahkan serta membutuhkan tempat penyimpanan yang cukup luas dan otomatis akan mudah terkena debu dan cepat kotor sehingga alat akan cepat rusak.

Tujuan dari pengembangan trainer ini adalah mengembangkan dan menghasilkan sebuah trainer PLC Portable yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, menguji tingkat kelayakan trainer apakah sudah layak atau belum melalui uji coba pembelajaran pada kelompok kecil dan kelompok besar, dan media pembelajaran yang dikembangkan nantinya dapat membantu siswa dalam pembelajaran pada saat praktikum  tentang PLC.

Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, adapun prosedurnya yaitu: (1) Kegiatan analisis dibagi menjadi dua yaitu analisis kinerja dan analisis kebutuhan; (2) Desain, pada tahapan desain hal yang dilakukan adalah merumuskan tujuan pembelajaran dan menyusun desain produk; (3) Development atau pengembangan produk dibuat berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya; (4) Implementation, produk yang sudah dibuat diimplementasikan di dalam kelas; (5)  Evaluasi, tujuan dari tahap evaluasi adalah menilai kualitas produk instruksional dan proses, baik sebelum dan sesudah implementasi untuk menentukan tingkat kelayakan produk.

Hasil Validasi yang telah dilakukan oleh ahli dan responden antara lain: (1) dari Ahli media sebanyak 98,61%; (2) dari ahli materi sebanyak 90%; (3)dari Ujicoba Kelompok Kecil sebanyak 90,12% dan; (4) dari Ujicoba Kelompok Besar sebanyak 90,02%. Berdasarkan Hasil Validasi dan Ujicoba yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Trainer PLC Portabel Program Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMKN 1 Singosari dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.