SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MINAT BELAJAR, EFIKASI DIRI, DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RIZKY ANAS BUKHORI

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

Bukhori, Rizky Anas. 2016. Pengaruh Minat Belajar, Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 8 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Slamet Wibawanto, M.T., (II) Heru Wahyu Herwanto, S.T., M.Kom.

Kata Kunci: Minat Belajar, Efikasi Diri, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar.

Prestasi merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik dalam proses kegiatan belajar. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar merupakan beberapa faktor internal yang mempengaruhinya. Dengan minat belajar yang tinggi akan menyebabkan siswa belajar dengan sebaik-baiknya karena ada daya tarik baginya. Siswa dengan efikasi diri yang tinggi lebih mampu mengambil keputusan terhadap berbagai pilihan dalam belajar, mana yang bisa dan yang tidak bisa dilakukan. Dan kebiasaan belajar siswa yang dilakukan secara teratur akan berpengaruh terhadap prestasi siswa tersebut.

Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar sebagai variabel independen dan prestasi belajar sebagai variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori.

 Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 360 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 78 siswa dengan teknik proportional cluster random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 22  for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar, efikasi diri dan kebiasaan belajar mempunyai pengaruh positif secara signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 8 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sumbangan efektif minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 18,6%, efikasi diri sebesar 38% dan kebiasaan belajar sebesar 34,4% dan besarnya sumbangan efektif total adalah sebesar 91%.