SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa (SIAS) berbasis Web di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Subululhuda Kebonsari Madiun

Rezinda Hartanto

Abstrak


ABSTRAK

Sistem informasi sekolah berbasis web merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi sekolah secara luas kepada warga sekolah. SMP IT Subululhuda Kebonsari Madiun belum memiliki media dalam menyampaikan informasi terutama kepada orangtua siswa. Orangtua siswa sangat membutuhkan informasi untuk mengetahui perkembangan putra-putrinya selama mengikuti kegiatan di sekolah yang berbasis pesantren.Tujuan dari pengembangan sistem informasi akademik siswaberbasis web ini adalah untuk mengakomodir keluhan-keluhan dan sebagai media informasi sekolah kepada orangtua siswa terkait informasi sekolah dan akademik siswa.

Model pengembangan yang digunakan di dalam pengembangan system informasi adalah pengembangan prototype. Model pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu(1) komunikasi, (2) perencanaan secara cepat, (3) pemodelan perancangan secara cepat, (4) pembuatan prototype, dan (5) penyerahan dan umpan balik dari pengguna.Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox, yakni untuk menguji fungsionalitas dan usabilitas sistem informasi yang dikembangkan.

Berdasarkan pengujian fungsionalitas dan usabilitas oleh ahli sistem informasi, administrator, guru walikelas, guru dan orangtua siswa, mendapatkan persentase sebesar 100%untuk aspek fungsionalitas dan 100% untuk aspek usabilitas,s ehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akademik siswa telah layak dan dapat dioperasikan di SMP Islam Terpadu Subululhuda Kebonsari Madiun. Diharapkan dengan pengembangan sistem informasi berbasis web dapat bermanfaat bagi tenaga pendidik, orangtua siswa, siswa dan sekolah untuk menyediakan media atau sarana informasi dan publikasi yang baik dan mengakomodir keluhan serta memberikan pelayanan informasi secara luas.