SKRIPSI Jurusan Teknik Elektro - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN MENGAJAR TERHADAP EMPLOYABILITY SKILL CALON GURU PADA MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Abdur Rohman

Abstrak


ABSTRAK

Dunia kerja abad ke-21 yang mengalami perubahan pesat, menjadikan persaingan kerja semakin ketat dan hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) menunjukkan bahwa kurangnya profesionalitas guru dengan presentasi masih di bawah 52%. Pelelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat empolyability skill calon guru (Y), (2) mengetahui tingkat efektivitas proses pembelajaran, (3) mengetahui tingkat kemampuan mengajar, (4) mengungkap signifikansi hubungan X1 dengan Y, (5) mengungkap signifikansi hubungan X2 dengan Y, dan (6) mengungkap signifikansi hubungan X1 dan X2 dengan Y.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 210 mahasiswa PTI UM tahun 2013 dengan sampel sebanyak 138 mahasiswa. Pengukuran tiap vaiabel menggunakan angket tertutup. Angket tiap instrumen memiliki realbilitas yang baik dengan nilai alpa X1 sebensar 0,749, dan Y sebesar 0,743. Data hasil penelitian juga menunjukkan adanya tingkatan pada tiap variabel yaitu: (1) Y berada pada kategori tinggi dengan jumlah 72 mahasiswa, (2) X1 berada pada kategori tinggi dengan jumlah 77 mahasiswa, dan (3) X2 berada pada kategori tinggi dengan jumlah 110 mahasiswa.

Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi parsial dan regresi ganda. Maka didapatkan hasil korelasi X1-Y sebesar 0,234, X2-Y sebesar 0,194 dan nilai regresi hubungan X1, X2, Y dengan nilai r 0,297, f 6,534dan signifikansi 0,002. Maka hasil penelitian ini yaitu: (1) tingkat Y termasuk kategori tinggi, (2) tingkat X1 termasuk kategori tinggi, (3) tingkat X2 termasuk kategori tinggi, (4) ada hubungan posistif dan signifikan antara X1 dengan Y, (5) ada hubungan posistif dan signifikan antara X2 dengan Y, (6) ada hubungan posistif dan signifikan antara X1 dan X2 dengan Y.